Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A80, Smartphone Tripel Kamera yang Bisa Diputar!

Kamis, 11 April 2019 10:42 Reporter : Indra Cahya
Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A80, Smartphone Tripel Kamera yang Bisa Diputar! Samsung A80. ©2019 SAMSUNG

Merdeka.com - Janji samsung untuk merilis smartphone di golongan mid-range atau papan tengah namun dengan fitur flagship, akhirnya ditepati. Hal ini ditandai dengan perilisan Samsung Galaxy A80.

Samsung A80 adalah smartphone yang menonjolkan kamera, fingerprint layar, bodi kaca, RAM kapasitas besar dan juga baterai yang besar.

Berikut pembahasan tiap aspeknya, melansir dari Phone Arena (11/4).

Desain dan Layar Samsung A80

Untuk Samsung A80, desainnya mengusung layar penuh tanpa notch atau poni, dengan kamera depan yang akan muncul ketika smartphone di-slide.

Layarnya mengusung panel AMOLED, dengan resolusi FHD+ 1080x2400 piksel dengan bentang 6,7 inci.

Samsung A80 2019 SAMSUNG

Bezelnya secara keseluruhan sangat tipis, namun agak sedikit melebar di bagian bawah. Bezel bagian atasnya bisa jadi sangat tipis karena benar-benar tak ada apapun, bahkan speaker telepon pun tak ada. Pasalnya, kini Samsung A80 mengusung teknologi Sound on Display yang bervibrasi untuk menghasilkan audio.

Bodinya mengusung kaca yang diberi nama 3D Glass yang dibingkai frame metal yang memberi kesan premium.

Spesifikasi Samsung A80

Soal dapur pacu, Samsung memasang prosesor yang berlabel "upper mid-range" dari Qualcomm yakni octa-core Snapdragon 730 yang disetel di 2,2GHz Dual + 1,8GHz konfirgurasi Hexa-core.

Prosesor ini dipadu dengan RAM 8GB yang sangat besar. Sebagai perbandingan Samsung S9 saja mengusung RAM 4GB.

Jika diposisikan berdasarkan spesifikasinya, sebenarnya Samsung A80 hampir masuk ke kategori flagship karena kemampuan prosesornya yang jauh di atas prosesor papan tengah pada umumnya.

Terlebih lagi terdapat beberapa fitur flagship seperti fast charging yang menyokong baterai 3.700mAh dari A80.

Mekanisme Kamera Canggih Samsung A80

Berbeda dengan deretan smartphone yang ada saat ini, Samsung A80 secara sederhana mampu mendapatkan kualitas kamera depan dan kamera belakang yang sama, karena keduanya adalah satu kamera. Hal ini didapatkan dengan mekanisme pop-up sliding ditambah rotasi kamera belakang ke depan.

Samsung A80 2019 PhoneArena

Konsep sliding untuk membuka kamera depan sudah bisa kita temui sebelumnya di Xiaomi Mi Mix 3 ataupun Oppo Find X. Samsung A80 lebih mirip ke arah Find X karena slidingnya dilakukan secara otomatis seketika Anda membuka menu selfie. Perbedaannya, tentu rotasi kamera belakangnya ke depan.

Tak cuma mekanismenya yang canggih, spesifikasi kameranya pun tak bisa dianggap sepele. Samsung menyematkan sensor kamera terbaru dari Sony yang memiliki resolusi 48MP. Kamera ini dipadu dengan sensor kamera wide-angle 8MP untuk landscape dan foto bersama.

Selain itu, terdapat kamera 3D depth-sensing berbasis ToF yang tentu akan sangat baik untuk Face Unlock serta mendapatkan bokeh untuk Portrait Mode dengan lebih akurat karena berbasis 3D mapping.

Harga Samsung A80

Samsung A80 masih belum diberi banderol oleh Samsung. Namun ketersediaan dari smartphone ini akan ada di tanggal 29 Mei di beberapa pasar di dunia. Samsung pun belum membocorkan pasar mana saja yang akan disambangi oleh smartphone ini dan apakah Indonesia masuk salah satu di antaranya.

Menarik? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Samsung Galaxy
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini