Cara Unik Lumba-Lumba Pikat Pasangan, Mirip Manusia?

Rabu, 4 Desember 2019 11:50 Reporter : Indra Cahya
Cara Unik Lumba-Lumba Pikat Pasangan, Mirip Manusia? Ilustrasi lumba-lumba. ©Alamy

Merdeka.com - Dalam memikat pasangan, yang tak pernah kehabisan akal tak cuma manusia saja. Si mamalia air cerdas yakni lumba-lumba, juga punya trik untuk pikat pasangan.

Uniknya, yang dilakukan juga mirip dengan manusia, yakni memberi hadiah.

Melansir Mashable, lumba-lumba bungkuk yang sering ditemui di perairan indo-pasifik, adalah spesies yang melakukannya. Si pejantan akan mempersembahkan sebuah spons laut besar ke si betina, dalam usahanya untuk kawin.

Hal ini merupakan objek penelitian para ilmuwan dari University of Western Australia, University of Zurich and Murdoch University yang dipublikasikan di Scientific Reports.

1 dari 1 halaman

Perilaku pejantan untuk memikat betina memang umum di berbagai spesies hewan. Namun sebuah perilaku untuk memberi hadiah, adalah hal yang jarang.

Para peneliti meyakini bahwa perilaku ini adalah cara menunjukkan kekuatan dan kualitas pejantan sebagai pasangan kawin.

Upaya yang dilakukan pejantan untuk memberi hadiah ini pun cukup tinggi. Seekor lumba-lumba akan turun ke dasar laut untuk mencari spons laut, meletakkannya di paruhnya secara seimbang, lalu mendorongnya ke arah si betina.

Menurut peneliti, akhirnya ditemukan binatang dengan kompleksitas sosial yang tinggi. Hal ini dikarenakan binatang secara insting akan mencari sesuatu untuk dimakan, bukan untuk hadiah demi bisa memikat betina.

Hewan yang pintar bukan? [idc]

Baca juga:
Lampu Hemat Energi Justru Picu Polusi Cahaya
Agar Lebih Gembira, Sapi Di Rusia Pakai Headset VR
Layaknya Narkoba, Adiksi Smartphone Juga Sebabkan 'Sakaw'
Ini Penjelasan Ilmiah Soal Lintah yang Akan Mati Jika Ditabur Garam
Penjelasan Ilmiah Soal Ketagihan Pedas, Kamu Termasuk?
Ini Mekanisme Unik Anjing dan Kucing Kala Minum, Tanpa Gelas pun Jadi!
Penjelasan Ilmiah Mengapa Mata Terpejam Kala Bersin!

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. Penelitian Ilmiah
  3. Hewan Liar
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini