Aplikasi Betawi Akses diluncurkan, platform one stop shopping kebetawian!

Senin, 5 November 2018 19:15 Reporter : Syakur Usman
Aplikasi Betawi Akses diluncurkan, platform one stop shopping kebetawian! aplikasi betawi akses. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Aplikasi mobile Betawi Akses diluncurkan di Jakarta, akhir pekan lalu (3/11). Aplikasi yang kini bisa diunduh di Google Play Store ini akan menjadi platform one stop shopping mengenai Betawi yang pertama di Tanah Air.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) bersama Jatis Mobile. Peluncurannya dilakukan dalam sebuah seminar kebetawian yang dibuka oleh Agus Suradika, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Budaya, serta dihadiri sekitar 1.000 guru dari Jakarta dan sekitarnya, termasuk para tokoh budaya Betawi di bidang pendidikan. Seminar ini digagas oleh Forum Silaturrahim Pendidik Betawi (FSPB) dan LKB.

Beki Mardani, Ketua Umum LKB, menjelaskan aplikasi Betawi Akses diharapkan menjadi jendela informasi, referensi, dan etale bisnis kebetawian di era digital ini.

"Kehormatan bagi LKB, peluncuran aplikasi Betawi Akses dapat dilakukan bersama para guru, karena hanya lewat pendidikan yang baik di kalangan generasi muda, budaya Betawi dapat terus bertahan dan berkembang. Betawi Akses adalah salah satu cara Betawi merespons era milenial," ujar Beki Mardani dalam sambutannya, kemarin.

Aplikasi Betawi Akses saat ini bisa diunduh di telepon pintar berbasis Android. Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama yang menggabungkan berita dan referensi soal Betawi dengan akses bisnis penggunanya.

Betawi Akses terdiri dari beberapa kanal, seperti "Jendela" yang menampilkan informasi dan referensi tentang Betawi, mulai dari kuliner, pakaian, musik, silat, permainan, dan sebagainya. Sementara kanal "Warung" menawarkan fitur transaski dan pembayaran seperti PLN, BPJS, TV kabel, telepon, PAM, pembelian paket data, dan masih banyak lagi.

Menurut Beki, Betawi Akses dan laman resmi LKB akan terus dikembangkan sehingga menjadi one stop shopping tentang kebetawian, sekaligus menggerakkan perekonomian orang Betawi khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Dari Betawi, berbuat untuk Indonesia yang lebih maju, sejahtera,dan bahagia," pungkas Beki. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini