Amazon Dikabarkan Kembangkan Perangkat Identifikasi Emosi

Minggu, 26 Mei 2019 13:00 Reporter : Merdeka
Amazon Dikabarkan Kembangkan Perangkat Identifikasi Emosi Amazon. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pernahkah terpikir kalau suatu perangkat bisa membaca emosi manusia? Amazon kabarnya sedang mengembangkan wearable device yang bisa mengidentifikasi emosi manusia.

Dilansir dari Bloomberg, Minggu (25/5), gadget yang dikenakan di lengan ini dideskripsikan sebagai produk kesehatan dan merupakan kolaborasi antara Lab126, grup pengembang perangkat keras smartphone Fire milik Amazon, speaker pintar Echo dan tim perangkat lunak suara Alexa.

Bagaimana cara gadget ini mendeteksi emosi manusia? Ternyata, gadget ini dibenamkan mikrofon yang bakal memprediksi kondisi emosial si pemakai dari suaranya.

Pada akhirnya, teknologi ini bakal bisa menyarankan si pemakai cara untuk berinteraksi efektif dengan orang lain.

Masih belum jelas bagaimana perkembangan proyek ini atau kepastian apakah device tersebut bakal diperjualbelikan. Beberapa proyek Amazon ini bahkan tidak pernah melandai ke pasar. Amazon sendiri belum berkomentar mengenai hal ini.

Gagasan membangun mesin yang dapat memahami emosi manusia telah lama menjadi pokok fiksi ilmiah, berangkat dari cerita Isaac Asimov hingga data android Star Trek.

Di tengah kemajuan dalam pembelajaran mesin dan pengenalan suara dan gambar, konsep ini baru saja direalisasikan. Amazon, Microsoft, Alphabet, Google, dan IBM Corp serta perusahaan lainnya sedang mengembangkan teknologi yang dirancang untuk memperoleh keadaan emosional dari gambar, data audio, dan input lainnya.

Nantinya, teknologi ini bakal membantu perusahaan untuk menemukan target pasar yang tepat bagi produk kesehatan itu.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Athika Rahma [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Amazon
  2. Teknologi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini