Alodokter tingkatkan pendanaan seri A dari Golden Gate Ventures

Senin, 8 Agustus 2016 09:44 Reporter : Fauzan Jamaludin
Alodokter tingkatkan pendanaan seri A dari Golden Gate Ventures Ilustrasi startup. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Alodokter belum lama ini mengumumkan penutupan pendanaan seri A-nya yang dipimpin oleh ventura berbasis di Singapura, Golden Gate Ventures serta partisipasi dari 500 Startups dan pengusaha Singapura, Lim Dershing.

Pendanaan ini adalah pendanaan kedua Alodokter setelah mendapatkan pendanaan tahap awal atau seed funding pada April 2015 lalu. Golden Gate Ventures, 500 Startups dan Lim Dershing juga merupakan investor Alodokter pada pendanaan tahap awal.

Didirikan pada Juli 2014, Alodokter adalah situs informasi kesehatan di Indonesia dengan 8 juta pengguna setiap bulannya yang menyediakan ribuan artikel mengenai kesehatan, kesejahteraan dan keluarga. Situs ini menjawab lebih dari 100.000 pertanyaan pasien yang dijawab oleh lebih dari 100 dokter.

"Kami melihat tren yang tinggi di antara pasien-pasien di Asia Tenggara akan informasi kesehatan digital. Mereka selalu mencari informasi kesehatan secara online sebelum dan setelah pergi ke dokter serta untuk tujuan pencegahan. Kami percaya bahwa dengan menyediakan informasi kesehatan yang terpercaya dan mudah dipahami, dapat membantu keluarga dalam mengambil keputusan yang lebih baik untuk kesehatan mereka," kata Nathanael Faibis, CEO dan pendiri Alodokter.com, dalam keterangannya.

Dikatakan Nathanael, Alodokter telah tumbuh pesat selama setahun terakhir dimana basis penggunanya telah meningkat 700 persen sejak pendanaan tahap awal dari 1 juta hingga 8 juta pengguna bulanan.

"Informasi kesehatan yang terpercaya adalah DNA kami dan menjadi fokus utama tim. Selama dua tahun terakhir, kami telah membangun citra yang kuat akan ahli medis diantara pasien dan ahli kesehatan di Indonesia. Kami berpikir bahwa hal tersebut adalah alasan utama kami dapat terus tumbuh dengan kuat sejauh ini," ujarnya.

Tahun ini, Alodokter akan melakukan ekspansi ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Nantinya juga akan didukung dengan mereplikasi model dan memberikan informasi kesehatan dalam bahasa lokal.

"Saya benar-benar terkesan dengan dampak Alodokter di Indonesia dalam membantu ratusan ribu pasien setiap harinya. Kami menyadari, mencari informasi kesehatan terpercaya secara online bagi pasien yang tidak berbahasa inggris merupakan sebuah tantangan dan kami ingin menyelesaikan masalah tersebut," ujar Daniel Stan, mantan VP Lazada Indonesia yang baru bergabung dengan Alodokter untuk memimpin ekspansi internasional mereka.

Alodokter telah meluncurkan aplikasi mobile-nya pada bulan Maret tahun ini di Indonesia. Aplikasi mobile ini memungkinkan para penggunanya untuk bertanya pada dokter umum secara gratis selama beberapa menit dimana Alodokter telah menjawab lebih dari 1.000 pertanyaan pasien tiap hari nya. Aplikasi ini diterima dengan sangat baik oleh pasien Indonesia dengan nilai rata-rata 4.5 di PlayStore.

"Kami percaya chatting adalah hal terbaik untuk kesehatan digital. Dengan gabungan AI dan interaksi langsung dengan para dokter, kita dapat memberikaninformasi yang tepat bagi pasien kami. Tidak lama lagi, pasien akan mengharapkan informasi kesehatan yang sangat personal secara cepat dan kami bekerja keras untuk menyediakan hal tersebut," ungkap Nathanael.

Sebagai bagian dari investasinya, Jeffrey Payne, founding partner di Golden Gate Ventures, akan bergabung dengan dewan direksi Alodokter. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
  2. Website
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini