Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Smartphone paling ditunggu-tunggu kehadirannya di 2017

10 Smartphone paling ditunggu-tunggu kehadirannya di 2017 Smartphone paling ditunggu di 2017. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tahun 2016 akan segera habis, berbagai smartphone canggih silih berganti datang di tahun ini. Namun sekarang sudah saatnya untuk melihat apa yang berbagai produsen smartphone bisa tawarkan untuk konsumen ponsel canggih di 2017.

Nampaknya di 2017 smartphone akan lebih kokoh dengan trennya bodi keramik dan aluminum. Serta pengguna tak lagi suka menggunakan media penyimpanan eksternal, di mana media penyimpanan 64 GB akan jadi standar di tahun depan.

Apapun itu, kita semua pasti cukup senang menyambut teknologi baru yang lebih canggih di 2017 mendatang.

Apa saja smartphone paling ditunggu-tunggu di tahun 2017? Berikut ulasannya.

HTC Ocean

Tahun 2016 sepertinya bukan tahun yang menguntungkan bagi HTC. Berbagai masalah mulai dari posisi funansial yang membahayakan posisinya di distributor Amerika Serikat, hingga penjualan minim dari flagshipnya, tentu membuat HTC terpecut berbuat lebih baik di tahun depan.

Di tahun 2017 sendiri, HTC diharapkan akan merilis flagship yang digadang bernama HTC Ocean. BErbagai fitur unik akan dipasang, seperti fitur swipe-sensitive yang bisa membuat perintah hanya dengan mengusap layar. Serta tentu Google Assistant dan dual-camera yang mungkin memang akan jadi tren di 2017.

Sony Xperia 2017 Edition

Sony memang adalah perusahaan teknologi raksasa di berbagai aspek, namun di smartphone, perusahaan asal Jepang ini sepertinya agak jatuh bangun. Di Amerika Serikat, pasar Sony cukup kecil. Di Eropa dan Asia, ia juga tetap kalah dengan Apple dan Samsung. Meski demikian, Sony rajin merilis smartphone; minimal enam bulan sekali. Layak kita tunggu bagaimana lanjutan flagship dari Sony di 2017 mendatang, di samping tradisi chipset Snapdragon, dan desain mendetil yang sungguh mewah dan elegan.

Smartphone MOTO terbaru

Setelah diakuisisi oleh Lenovo, laju Motorola di kancah smartphone yang kini mengusung nama Moto, cukup cemerlang. Merilis smartphone yang banyak dicintai pengguna yakni Moto G4, Moto juga merilis lini Moto Z yang punya konsep Moto Mods untuk memodifikasi smartphone menjadi kamera canggih, speaker, serta proyektor.

Diharapkan di 2017, Moto akan merilis lini smartphone flagship atau mid-range yang kompetitif lagi, namun yang tak lebih berisiko dengan mengusung konsep 'aneh' yang terkadang membuat pengguna akan pikir-pikir untuk membelinya.

Huawei P10

Jika Anda hobi melihat film Hollywood atau mengonsumsi budaya Amerika Serikat, mungkin Anda tak percaya kalau Huawei mendunia. Karena memang Huawei tak seberapa kencang di AS. Namun kontras dengan di AS, di seluruh dunia Huawei cukup merajai. Produsen asal China tersebut bisa merebut pasar Eropa dan Asia, dan bisa jadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple.

Jangan tanya soal smartphone keluarannya: Huawei P9 yang unggulannya adalah setup dual camera dari Leica adalah smartphone yang gahar. Belum lagi desain, laman antarmuka dan performa yang disokong chipset Kirin. Huawei tentu diharapkan akan menelurkan lagi Huawei P10 dengan sistem kamera lebih canggih dan desain metal yang lebih elegan.

OnePlus 5

OnePlus adalah merek smartphone yang punya kisah sukses di 2016, bermodalkan smartphone canggih dengan RAM super besar dan harga yang sangat murah. Produk utamanya di 2016 adalah OnePlus 3 dan OnePlus 3T.

Bahkan tak cuma soal harga dan spek gahar, performa top, desain, hardware dan juga kamera yang sangat baik juga membuat OnePlus diharapkan untuk menelurkan lagi smartphone berkualitas di 2017.

Rumor telah muncul bahwa OnePlus 5 akan rilis tahun depan, melangkahi OnePlus 4 yang tak akan diproduksi karena 4 dipercaya masyarakat China sebagai angka sial. Mari kita tunggu apalagi yang ditawarkan OnePlus, sembari berharap vendor asal China ini kembali ke tanah air ketika persoalan TKDN sudah bisa diatasi.

LG G6

Tahun ini, LG meluncurkan LG G5 yang ternyata tak seberapa mencuri hati masyarakat. Dengan konsep smartphone modular, ternyata LG G5 tak seberapa bagus penjualannya. Meski berbagai kekurangan tersebut sudah tertutupi dengan rilisnya LG V20, masyarakat ternyata tetap mengharapkan LG tetap berani untuk beradu peruntungan smartphone flagship di tahun depan.

Rumor pun sudah bermunculan akan diluncurkannya LG G6 di tahun depan. Rumor beredar bahwa LG tak akan lagi mengusung konsep smartphone modular, alih-alih akan memasang baterai non-removable. Selain itu, layar OLED akan diusung dengan resolusi 4K. Terlebih lagi, Chipset Snapdragon 830, RAM 6GB dan kamera yang gahar akan membuat LG G6 kembali diperhitungkan.

Kembalinya Nokia ke kancah smartphone

Nama Nokia di dunia smartphone memang tak seberapa kencang. Namun perusahaan ponsel legendaris tersebut masih punya pasar kecil untuk smartphone. Oleh karena itu Nokia sangat optimis untuk kembali di 2017. Rencananya, Nokia akan merilis smartphone Android dan menaruh proses produksi di China.

Untuk 'comeback' ini, Nokia menggandeng perusahaan teknologi asal Finlandia, HMD Global untuk memproduksi smartphone Androidnya ini. Rencananya smartphone ini akan dirilis pada 2017 mendatang.

Hal ini menandai kembalinya smartphone Nokia ke kancah ponsel cerdas dunia, setelah Microsoft memutuskan untuk 'membunuh' merek Nokia untuk menggantinya dengan Lumia. Sejak diakuisisi Microsoft, sebenarnya Nokia sudah bereksperimen untuk mengusung Android dengan rencana merilis perangkat yang mirip iPad Mini namun berjalan di Android.

Google Pixel generasi kedua

Pixel adalah kejutan besar di 2016. Smartphone yang digadang-gadang adalah smartphone buatan Google pertama ini adalah smartphone dengan performa, hardware, dan berbagai fitur yang juara.

Di 2017, diharapkan akan ada generasi kedua dari Google Pixel, dengan desain yang sudah memiliki sentuhan khas. Hal ini dikarenakan Google ditengarai tergesa-gesa dalam finalisasi desain dari Google Pixel. Akhirnya banyak yang menganggap Pixel desainnya mirip iPhone.

Di generasi Pixel selanjutnya pula, Google diharapkan makin mempertajam aspek AI atau kecerdasan buatannya, setelah Google Assistant terbukti jadi aplikasi asisten terbaik saat ini.

Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8 Edge

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge sebenarnya sudah sangat menaruh standar yang tinggi untuk smartphone. Namun Samsung sendirilah yang berambisi untuk segera merilis smartphone lagi, pasca insiden Samsung Galaxy Note 7. Rumor pun sudah bertebaran di mana-mana.

Mulai dari Samsung yang merupakan produsen utama dari chipset baru dari Qualcomm Snapdragon 830, akan langsung akan menjadi otak dari Samsung Galaxy S8.

Chipset ini akan jadi jauh lebih canggih dari seri Snapdragon sebelumnya. Snapdragon 830 diklaim akan memiliki peningkatan efisiensi performa sebanyak 30 persen lebih baik dari sebelumnya, 27 persen performa lebih baik, dan juga 40 persen konsumsi daya lebih rendah.

Dari segi fitur unggulan, Samsung juga mengkonfirmasi bahwa tahun depan akan ada sebuah fitur asisten berbasis AI. Aplikasi asisten yang akan bersaing langsung dengan Siri dan Google Assistant ini akan diberi nama Bixby, dan dikembangkan oleh Viv Labs, platform kecerdasan buatan yang didirikan oleh 3 orang pembuat Siri, Dag Kittlaus, Adam Cheyer and Chris Brigham.

Selain itu, headphone jack akan hilang, begitu juga tombol home dan akan mengusung resolusi Quad HD atau 1440x2560.

Yang lebih unik lagi, Samsung Galaxy S8 disebut tak akan lagi usung layar datar, karena hanya akan ada layar dual-curved edge.

Samsung Galaxy S8 direncanakan akan diumumkan tanggal 26 Februari 2017, sehari sebelum MWC 2017 di Barcelona dibuka. Samsung akan mengadakan sebuah acara yang bernama Samsung Galaxy Unpacked khusus untuk peluncuran flagship ini.

iPhone 8

Apple dengan iPhone-nya, adalah pemegang rekor smartphone dengan penjualan terbaik di dunia. Semua pun sudah tahu dan mengakui kehebatan iPhone dari berbagai aspek. Tentu masyarakat selalu akan berharap lebih di tiap tahunnya pada Apple untuk merilis lini iPhone terbaru.

Uniknya, tahun 2017 ini adalah 10 tahun anniversary dari iPhone. Tentu berbagai rumor tak bisa ditampik untuk Apple yang digadang-gadang akan merilis sesuatu yang spesial untuk iPhone 8 ini.

Mulai dari desain yang tanpa bezel, hingga chipset yang paling mumpuni yang pernah tersemat di smartphone.

Namun rumor yang telah dikonfirmasi adalah iPhone 8 dikabarkan akan usung layar OLED dengan model 'curved'. Apple sedang meminta para partner produsennya untuk 'menggenjot' produksi layar OLED. Untuk saat ini, layar tersebut akan digunakan untuk membuat prototip smartphone, di mana salah satu dari prototip tersebut menggunakan layar OLED curved. Apple juga meminta layar OLED ini untuk memiliki resolusi layar lebih baik dari Samsung. Samsung Galaxy S7 Edge yang mengusung OLED dan curved, memiliki resolusi Quad HD, atau 1440x2560. Jika Apple ingin membuat yang lebih tinggi dari ini, tentu layar iPhone 8 akan lebih dari sekedar istimewa.

Permasalahannya mungkin adalah soal harga. Apple akan menaikkan kualitas layar iPhone dari IPS LCD ke OLED, ditambah dengan fitur layar lengkung. Tentu ini akan menaikkan harga secara signifikan. Belum lagi jika wacana Trump untuk memindahkan pabrik Apple kembali ke AS, tentu harga iPhone akan lebih melangit. Namun aspek terakhir tak perlu terlalu dikhawatirkan karena hal tersebut belum terlihat akan terjadi dalam waktu dekat, atau selamanya.

Mana yang paling Anda tunggu?

(mdk/idc)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar Seleb Hollywood yang Tak Pakai Smartphone Padahal Filmnya Penuh Kecanggihan Teknologi

Daftar Seleb Hollywood yang Tak Pakai Smartphone Padahal Filmnya Penuh Kecanggihan Teknologi

Di zaman serba smartphone, ternyata masih ada yang enggan menggunakannya. Bahkan selebriti terkenal. Siapa saja?

Baca Selengkapnya
Daftar Harga HP Samsung Galaxy S24 Series di Indonesia, Paling Murah Segini

Daftar Harga HP Samsung Galaxy S24 Series di Indonesia, Paling Murah Segini

Ini daftar lengkap harga Samsung Galaxy S24 di Indonesia. Berminat yang mana?

Baca Selengkapnya
Sehari Sebelum Dirilis, Segini Harga Samsung Galaxy S24?

Sehari Sebelum Dirilis, Segini Harga Samsung Galaxy S24?

Beragam informasi menyebut Samsung Galaxy S24 punya harga segini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Handphone Disita Penyidik, Aiman Ketar-Ketir Pemberi Info Netralitas Aparat Terbongkar

Handphone Disita Penyidik, Aiman Ketar-Ketir Pemberi Info Netralitas Aparat Terbongkar

Aiman menjalani pemeriksaan selama 12 jam sebagai saksi kasus dugaan penyebaran berita bohong.

Baca Selengkapnya
Apple Tawarkan Diskon Besar-besaran hingga Jutaan Rupiah, Termasuk iPhone 15 Pro Max

Apple Tawarkan Diskon Besar-besaran hingga Jutaan Rupiah, Termasuk iPhone 15 Pro Max

Ini lokasi Apple berikan diskon besar-besaran gadget besutannya.

Baca Selengkapnya
Ada Aturannya, Pemilih Dilarang Gunakan Handphone saat di Bilik Suara

Ada Aturannya, Pemilih Dilarang Gunakan Handphone saat di Bilik Suara

Larangan penggunaan handphone merupakan upaya untuk meminimalisasi potensi kecurangan.

Baca Selengkapnya
5 Alternatif HP selain iPhone 15 yang Layak Dibeli

5 Alternatif HP selain iPhone 15 yang Layak Dibeli

Berikut daftar HP selain iPhone 15 yang patut dipertimbangkan untuk di beli.

Baca Selengkapnya
Sukses Kalahkan Apple, Samsung Kembali  ke Posisi Pertama Pasar Smartphone Dunia

Sukses Kalahkan Apple, Samsung Kembali ke Posisi Pertama Pasar Smartphone Dunia

Samsung kembali berada di posisi pertama, mengalahkan Apple dalam hal penjualan smartphone di dunia.

Baca Selengkapnya
Ini Bocoran Harga dan Spek Samsung Galaxy S24 Jelang Peluncuran

Ini Bocoran Harga dan Spek Samsung Galaxy S24 Jelang Peluncuran

Samsung Galaxy S24 dikabarkan akan segera meluncur di pertengahan Januari tahun ini.

Baca Selengkapnya