Fungsi SSD atau Solid State Drive dan Perbedaanya dengan Hardisk

Kamis, 4 Maret 2021 09:08 Reporter : Ani Mardatila
Fungsi SSD atau Solid State Drive dan Perbedaanya dengan Hardisk Ilustrasi komputer. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037

Merdeka.com - SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. Teknologi ini kini sudah mulai menggantikan Hard Disk Drives (HDD). HDD adalah penyimpanan utama untuk komputer (baik desktop maupun laptop) yang telah ada sejak lama. Daya tarik utamanya adalah kapasitas penyimpanan yang tinggi dan biaya rendah.

Solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan generasi baru yang digunakan di komputer. SSD menggantikan hard disk mekanis tradisional dengan menggunakan memori berbasis flash, yang secara signifikan lebih cepat.

Teknologi penyimpanan hard disk yang lebih lama berjalan lebih lambat, yang sering kali membuat komputer Anda berjalan lebih lambat dari yang seharusnya. SSD mempercepat komputer secara signifikan karena waktu akses baca yang rendah dan throughput yang cepat.

Berikut fungsi SSD dan perbedaannya dengan hardisk yang perlu diketahui dirangkum merdeka.com dari laman PCMag:

2 dari 5 halaman

Fungsi SSD

Fungsi SSD mendukung membaca dan menulis data dan memelihara data yang disimpan dalam keadaan permanen bahkan tanpa daya. 

Meski fungsi SSD sama seperti fungsi dasar hard drive, namun data bukannya disimpan pada chip flash memory. Chip flash ini (sering disebut "NAND") memiliki jenis yang berbeda dari jenis yang digunakan pada thumb drive USB, dan biasanya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Akibatnya, SSD lebih mahal daripada thumb drive USB dengan kapasitas yang sama. 

Hard drive masih ada dalam anggaran dan sistem yang lebih lama, tetapi SSD sekarang menjadi aturan dalam sistem arus utama dan laptop kelas atas seperti Apple MacBook Pro, yang tidak menawarkan hard drive bahkan sebagai opsi yang dapat dikonfigurasi. Desktop dan laptop yang lebih murah, di sisi lain, akan terus menawarkan HDD, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

3 dari 5 halaman

SSD memiliki manfaat khusus di bidang berikut :

  • Bisnis : Perusahaan yang bekerja dengan data dalam jumlah besar (seperti lingkungan pemrograman atau analisis data) sering kali mengandalkan SSD, karena waktu akses dan kecepatan transfer file sangat penting.
  • Gaming : Komputer gaming selalu menekan batas teknologi komputasi saat ini, membenarkan peralatan yang relatif mahal demi keuntungan performa game. Ini terutama berlaku untuk penyimpanan, karena game blockbuster modern terus-menerus memuat dan menulis file (misalnya tekstur, peta, level, karakter).
  • Mobilitas : SSD memiliki kebutuhan daya yang rendah, sehingga berkontribusi pada masa pakai baterai yang lebih baik di laptop dan tablet. SSD juga tahan guncangan, yang mengurangi kemungkinan kehilangan data saat perangkat seluler terjatuh.
  • Server : Server perusahaan membutuhkan SSD untuk membaca dan menulis dengan cepat agar dapat melayani PC klien mereka dengan benar.
4 dari 5 halaman

Perbedaan SSD dan Hardisk

Baik SSD dan hard drive melakukan pekerjaan yang sama: Mereka mem-boot sistem Anda, dan menyimpan aplikasi dan file pribadi Anda. Tetapi setiap jenis penyimpanan memiliki ciri-ciri uniknya sendiri. Apa perbedaannya, dan mengapa Anda ingin mengalahkan yang satu?

Harga SSD vs. HDD

SSD lebih mahal daripada hard drive dalam hal dolar per gigabyte. Hard drive internal 2,5 inci 1TB berharga antara $ 40 dan $ 60, sedangkan SSD paling murah dengan kapasitas dan faktor bentuk yang sama mulai dari sekitar $ 100. 

Karena hard drive menggunakan teknologi yang lebih lama dan lebih mapan, kemungkinan besar harganya akan tetap lebih murah di masa mendatang. Meskipun selisih harga per pertunjukan ditutup antara hard drive dan SSD kelas bawah, uang ekstra untuk SSD tersebut dapat mendorong harga sistem Anda melebihi anggaran.

Kapasitas Maksimum dan Umum SSD vs. HDD

SSD konsumen jarang ditemukan dalam kapasitas lebih dari 2TB, dan harganya mahal. Anda lebih cenderung menemukan unit 500GB hingga 1TB sebagai drive utama dalam sistem. Sementara 500GB dianggap sebagai kapasitas hard drive "dasar" untuk laptop premium hari ini, masalah harga dapat mendorongnya ke 128GB atau 256GB untuk sistem berbasis SSD dengan harga lebih rendah. 

Pengguna dengan koleksi media besar atau yang bekerja dalam pembuatan konten akan membutuhkan lebih banyak lagi, dengan drive 1TB hingga 8TB tersedia di sistem kelas atas. Pada dasarnya, semakin banyak kapasitas penyimpanan, semakin banyak barang yang dapat Anda simpan di PC Anda. 

5 dari 5 halaman

Kecepatan SSD vs. HDD

Di sinilah SSD bersinar. PC yang dilengkapi SSD akan melakukan booting dalam waktu kurang dari satu menit, seringkali hanya dalam hitungan detik. Hard drive memerlukan waktu untuk mempercepat spesifikasi pengoperasian, dan akan terus lebih lambat daripada SSD selama penggunaan normal. 

PC atau Mac dengan SSD melakukan boot lebih cepat, meluncurkan dan menjalankan aplikasi lebih cepat, dan mentransfer file lebih cepat. Baik Anda menggunakan komputer untuk bersenang-senang, sekolah, atau bisnis, kecepatan ekstra mungkin menjadi perbedaan antara menyelesaikan tepat waktu dan terlambat.

Keandalan dan Daya Tahan SSD vs. HDD

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, jadi lebih mungkin untuk menjaga data Anda tetap aman jika Anda menjatuhkan tas laptop atau sistem Anda terguncang saat sedang beroperasi. 

Kebanyakan hard drive memarkir kepala baca / tulis mereka saat sistem mati, tetapi saat bekerja, kepala tersebut terbang di atas pelat drive pada jarak beberapa nanometer. Selain itu, rem parkir pun memiliki batasan. Jika Anda kasar pada peralatan Anda, disarankan menggunakan SSD.

[amd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Ragam
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini