Tidak Perlu Ribet, MPASI Bisa Dibuat dari Makanan Keluarga Sehari-Hari

Kamis, 27 Mei 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tidak Perlu Ribet, MPASI Bisa Dibuat dari Makanan Keluarga Sehari-Hari ilustrasi makanan sehat. ©www.newsnish.com

Merdeka.com - Banyak orangtua kesulitan mencari makanan pendamping ASI (MPASI) yang bagi bayi usia 6 hingga 23 bulan dapat dibuat dari menu keluarga. Padahal, MPASi juga bisa dibuat dari makanan yang dikonsumsi oleh keluarga.

Menurut dokter spesialis anak dari RSIA Limijati Bandung, Jawa Barat, Frecillia Regina, MPASI menu keluarga adalah anak makan apa yang ibunya makan.

“Kalau kita makan nasi putih, dadar telur, sayur kari wortel ya tinggal diambil kemudian disaring dan diulek,” ujar Frecillia dalam seminar daring di saluran YouTube Dr. Tan & Remanlay Institute beberapa waktu lalu.

Jumlah bahan matang yang dapat dibuat menjadi MPASI adalah nasi putih 30 gr, dadar telur 35 gr, sayur kare wortel dan tempe 20 gr. Nasi, telur dadar, tempe, dan wortel dari sayur kare dilumatkan kemudian disaring.

MPASI ini kemudian ditambahkan kuah sayur (santan kare) sampai mendapatkan konsistensi bubur kental, setelah itu dapat disajikan. Menu ini cocok untuk bayi usia 6 hingga 8 bulan.

Bagi bayi 9 hingga 11 bulan salah satu contoh menu MPASI dapat dibuat dari nasi putih 45 gr, ikan kembung bumbu kuning 30 gr, dan tumis buncis 25 gr.

Cara membuatnya, nasi, ikan kembung bumbu kuning, dan tumis buncis dicincang kemudian sajikan dengan kuah sayur santan kare.

Baca Selanjutnya: Untuk Anak 12-23 Bulan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini