Mulai Meningkatnya Berat Badan hingga Sembelit, Ini 4 Dampak saat Tubuh Kurang Serat

Kamis, 18 Agustus 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Mulai Meningkatnya Berat Badan hingga Sembelit, Ini 4 Dampak saat Tubuh Kurang Serat Ilustrasi makan sayur. Shutterstock/LoloStock

Merdeka.com - Pada pola makan kita setiap hari, konsumsi buah dan sayur merupakan sebuah hal yang tidak boleh dikesampingkan. Hal ini terutama karena keberadaan kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayur ini.

Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya berdasar sebuah penelitian sebagian besar orang hanya mengonsumsi 15 gram serat per hari dari yang seharusnya 40 gram.

Kurangnya serat ini tentu bisa menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan tubuhmu. Tubuh yang kekurangan serat ini juga bakal menimbulkan tanda-tanda tertentu yang bisa kamu ketahui.

Menjaga tubuh agar tidak kekurangan serat bisa membantu terhindar dari berbagai permasalahan berikut ini. Dilansir dari Care2.com, berikut sejumlah tanda ketika tubuhmu kekurangan serat.

2 dari 3 halaman

Meningkatnya Kolesterol dan Berat Badan

1. Meningkatnya Kolesterol

Kekurangan serat pada tubuh bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, serat sendiri mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tingginya serat dikaitkan dengan menurunnya kolesterol total dan LDL hingga 60-70 persen.

2. Kenaikan Berat Badan

Konsumsi makanan berserat bisa membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama. Makanan rendah serat sendiri biasanya tidak membuat perut cepat kenyang sehingga cenderung makan berlebih dan membuat berat badan meningkat.

3 dari 3 halaman

Sebabkan Lapar dan Sembelit

dan sembelit

3. Selalu Merasa Lapar

Manfaat serat yang membuat perut kenyang lebih lama menyebabkan kamu tak mudah lapar. Sedangkan ketika kamu kekurangan mengonsumsi serat maka perut akan mudah merasa lapar.

4. Sulit Buang Air Besar

Kekurangan serat mampu membuat sistem pencernaan kamu bergerak dengan lambat. Oleh karena itu sembelit kronis bisa terjadi pada tubuh kamu yang kekurangan serat khususnya serat larut yang mampu mendorong pergerakan usus.

Sejumlah hal tersebut tentu tidak diharapkan kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk mengonsumsi cukup serat baik dari sayur, buah, gandum, dan biji-bijian. [RWP]

Baca juga:
Dalam Sehari, Disarankan Konsumsi Buah Minimal Tiga Porsi Sehari

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini