Minum Kopi tapi Malah Mengantuk, 6 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Selasa, 30 Maret 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Minum Kopi tapi Malah Mengantuk, 6 Hal Ini Mungkin Penyebabnya ilustrasi minum kopi. ©www.fitnessbin.com

Merdeka.com - Selama ini, kopi merupakan salah satu minuman yang kita andalkan untuk meningkatkan asupan tenaga dalam tubuh. Minuman ini biasa dikonsumsi baik di pagi atau siang hari untuk membuatmu terjaga.

Sayangnya, kadang dampak dari konsumsi kopi ini tidak seperti yang kita inginkan. Bahkan, bisa saja malah terjadi hal sebaliknya dari konsumsi minuman ini.

Beberapa orang mungkin mengalami menurunnya energi atau malah mengantuk usai mengonsumsi kopi. Hal ini tentu saja tidak seperti yang seharunya terjadi dari konsumsi kopi.

Sejumlah hal atau kebiasaanmu dalam minum kopi bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi ini. Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah alasan mengapa kamu malah jadi mengantuk usai mengonsumsi kopi.

1. Kafein Mengganggu Siklus Tidurmu

Kandungan kafein di dalam kopi merupakan stimulan alami yang menganggu kerja adesonin, kandungan yang yang terbentuk di siang hari dan memicu kantuk di malam hari. Ketika kamu tidur, tingkat kandungan ini bakal menurun dan bakal mulai menanjak pada esok hari.

Hal ini berarti ketika kamu minum terlalu banyak kafein, rasa kantuk justru dapat muncul lebih kuat pada saat kemudian. Walau begitu, konsumsi kafein juga bisa membuatmu kesulitan tidur dan terbangun dengan rasa kantuk yang kuat esok hari dan siklus ini akan terus-menerus berulang.

Baca Selanjutnya: Kondisi Kebal dan Rileks karena...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini