Konsumsi Teh Bisa Turunkan Depresi pada Manula

Selasa, 28 Januari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Teh Bisa Turunkan Depresi pada Manula Ilustrasi minum teh. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Teh merupakan salah satu minuman dengan manfaat kesehatan yang cukup luar biasa. Minuman ini memiliki sejumlah manfaat yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap satu lagi manfaat dari minuman ini. Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi teh pada orang tua bisa menurunkan risiko depresi.

Temuan ini diketahui berdasar penelitian dari National University of Singapore (NUS) dan Fudan University di Shanghai. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa ada kemungkinan antara menurunnya depresi terutama pada orang tua dengan konsumsi teh.

Pada penelitian ini, Feng Qiushi profesor dari NUS bekerjasama dengan Shen Ke dari Fudan University. Pada penelitian sebelumnya, Qiushi mengungkap bahwa terdapat hubungan antara konsumsi teh dengan menurunnya depresi.

Tim peneliti menganalisis data dari 13 ribu orang di antara tahun 2005 hingga 2014. Penelitian ini juga menyertakan sejumlah hal termasuk kebiasaan gaya hidup serta kondisi detail kesehatan.

1 dari 2 halaman

Peneliti mengungkap bahwa mereka juga melihat data konsumsi minum teh pada usia 60 tahun. Penelitian ini mencatat frekuensi dan konsistensi minum teh mereka.

Terdapat empat tipe klasifikasi peminum teh yang dibedakan dalam penelitian ini. Dari hasil tersebut didapat mengenai temuan ini.

"Peminum teh setiap hari yang konsisten meminumnya setiap hari mulai usia 60 mungkin mendapat manfaat signifikan terhadap kesehatan mental," terang hasil penelitian tersebut.

2 dari 2 halaman

Selain temuan universal terkait konsumsi teh dan depresi, terdapat hasil temuan lain yang diperoleh. Diketahui bahwa manfaat ini paling dinikmati oleh pria usia 65 hingga 79 tahun.

"Sangat mungkin bahwa manfaat minum teh ini sangat bisa dibuktikan pada tahap awal menurunnya kesehatan ini. Penelitian lebih lanjut mungkin dibutuhkan pada jaringan ini," jelas Qiushi.

Hasil penelitian juga mengungkap bahwa faktor lain berpengaruh dalam menurunkan depresi ini. Walau begitu, hal ini bisa menambah satu lagi alasan dan manfaat dari konsumsi teh. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Teh Hijau Seminggu 3 Kali Bisa Bantu Cegah Risiko Masalah Kardiovaskular
Berdasar Penelitian, Teh Hijau Ternyata Miliki Kandungan untuk Melawan Tuberkolosis
Peminum Teh Ternyata Memiliki Kesehatan Otak yang Lebih Baik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini