Kacang Kenari, Cemilan Sehat bagi Tubuh yang Juga Mampu Kurangi Stres

Selasa, 13 Agustus 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kacang Kenari, Cemilan Sehat bagi Tubuh yang Juga Mampu Kurangi Stres Ilustrasi kenari. ©Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi rasa stres yang dimiliki. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai mengobrol, melakukan hobi, bermain, atau juga jalan-jalan.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan makan-makan. Biasanya hal ini dilakukan seseorang dengan memasak atau jajan dan mengonsumsi makanan yang memang disenangi.

Terkait meredakan stres dengan menggunakan makanan ini, ternyata terdapat cara lain yang bisa dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan ngemil suatu makanan yang cukup lezat.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi walnut atau kacang kenari ternyata bisa membuat stres yang dimiliki seseorang menurun. Dilansir dari Her, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients ini mengungkap bahwa makanan ini bisa menjadi kunci untuk meredakan stres.

Hasil penelitian ini seakan melengkapi sejumlah manfaat yang sudah dimiliki oleh jenis kacang yang satu ini. Sebelumnya makanan ini juga disebut memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang.

1 dari 3 halaman

Mengandung Banyak Manfaat Kesehatan

"Sebelumnya, penelitian pada buah kenari telah menunjukkan efek positifnya terhadap banyak kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas," terang Profesor bidang nutrisi, Peter Pribis.

"Temuan penelitian kami cukup berbeda karena berfokus pada kognisi dan pada percobaan acak terkontrol, kami mengukur mood yang muncul pada pria dan wanita," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Partisipan Diberi Kacang Kenari

Pada penelitian ini, terdapat 64 siswa dengan rentang usia antara 18 hingga 25 tahun yang menjadi partisipan. Para siswa ini mewakili sejumlah kelompok etnis seperti Kaukasian, Afrika Amerika, Hispanik, dan Asia.

Para partisipan diminta untuk memakan tiga iris roti pisang setiap hari selama 16 minggu. Mereka diminta untuk mengonsumsinya bersamaan dengan kacang kenari selama delpan minggu dan tanpa kenari untuk delapan minggu selanjutnya.

Kacang kenari ini diolah menjadi satu dengan adonan roti sehingga rasa dan tampilan roti tetap sama. Setiap minggu, selama periode delapan pekan, mood dari para siswa yang menjadi partisipan ini diukur.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Mood Hanya Terjadi pada Pria

Menariknya, peningkatan mood ini ternyata hanya muncul pada pria saja sedangkan hal yang sama tidak terjadi pada wanita.

"Terdapat peningkatan mood yang berarti sebesar 28 persen pada pria muda," terang Pribis.

"Walau begitu, tidak ditemukan perkembangan mood pada wanita. Terkait hal ini, kami tidak mengetahui penyebabnya," lanjutnya.

Manfaat kacang kenari yang mampu meningkatkan mood ini melengkapi sejumlah manfaat kesehatan yang sudah dimilikinya. Untuk mendapat manfaat sehat ini, disarankan untuk mengonsumsi segenggang kacang kenari setiap hari. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Kacang Secara Rutin Bisa Jaga Tingkat Kesuburan dan Hasrat Seksual Pria
Apa Sih Sebenarnya Elektrolit Itu dan Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini