Bermain Video Games Bisa Berdampak Positif pada Kognitif dan Emosional Seseorang

Senin, 28 September 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bermain Video Games Bisa Berdampak Positif pada Kognitif dan Emosional Seseorang Ilustrasi main video games. ©Shutterstock/Lisa F. Young

Merdeka.com - Bermain video game merupakan hal menyenangkan yang dilakukan oleh banyak orang. Walau selama ini dianggap bisa berdampak buruk, namun bermain video game ternyata juga bisa menimbulkan manfaat.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa bermain video games bisa meningkatkan kemampuan seseorang. Hal ini bahkan diketahui bisa mencegah manula dari demensia.

Secara umum, diketahui bahwa bermain video game bisa berdampak positif bagi keterampilan kognitif dan emosional seseorang. Hal ini bisa tercapat dengan memainkan jenis game tertentu.

Dilansir dari Medical News Today, penelitian terbaru ini telah dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Human Neuroscience. Penelitian dilakukan oleh peneliti dari Universitat Oberta de Catalunya di Barcelona dengan meminta partisipan memainkan game Super Mario 64. Game tersebut diketahui peneliti bisa menyebabkan perubahan struktural pada bagian otak yang berhubungan dengan fungsi memori eksekutif dan spasial.

Penelitian terbaru ini menemukan bahwa seseorang yang bermain video games sebagai anak-anak menunjukkan peningkatan lebih besar pada memori kerja mereka. Secara lebih lanjut, video games ini diketahui bisa memiliki dampak jangka panjang pada kognisi.

Baca Selanjutnya: Penjelasan Terkait Dampak dari Bermain...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini