Begini Cara Efektif Hadapi Semut Charlie atau Tomcat

Selasa, 25 Juni 2019 12:04 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Efektif Hadapi Semut Charlie atau Tomcat serangga tomcat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa waktu belakangan sedang ramai beredar broadcast mengenai semut charlie dan bahayanya. Namun ternyata pada beberapa tahun lalu, Indonesia juga pernah dihebohkan oleh hewan ini. Hanya saja pada saat itu hewan ini lebih dikenal dengan nama tomcat.

Nama lain dari serangga ini adalah tomcat, semut Semai atau kumbang Rove. Anatomi tubuhnya ramping, saat berjalan bagian belakang tubuhnya melengkung ke atas. Panjangnya 7 sampai 10 mm dengan lebar 0,5 sampai 1 mm. Bagian kepala berwarna hitam dengan toraks (dada) dan abdomen (perut) berwarna oranye atau merah yang diduga sebagai sinyal bagi musuh-musuhnya.

Semut charlie berkembang biak dalam tanah dan tempat yang lembap, seperti sawah, tepi sungai, daerah rawa dan hutan. Serangga ini dapat bertahan hidup paling lama sampai tiga bulan. Sebenarnya serangga ini bermanfaat bagi petani karena merupakan predator hama-hama padi. Namun akibat meledaknya populasi dan ekosistem alam yang terganggu, semut charlie pun masuk ke wilayah pemukiman warga.

Pihak Kementrian Kesehatan memberikan kiat-kiat untuk menghadapi serangga semut charlie. Simak daftarnya seperti yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1. Jika menemukan serangga ini, jangan dipencet agar racun tidak mengenai kulit. Sebab meski sudah mati, semut charlie masih bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuhnya.

2. Hindari kontak langsung dengan serangga semut charlie pada kulit terbuka. Selain itu, jangan sampai menggosok bagian kulit yang telah terkontaminasi dengan semut charlie, sebab infeksi bisa saja terjadi dan memperparah luka.

3. Singkirkan semut charlie yang terkena kulit dengan alat bantuan lain, kemudian segera cuci bagian tubuh yang bersentuhan dengan menggunakan air yang mengalir dan juga sabun. Penggunaan minyak kayu putih, minyak tawon, balsem, dan segala jenis lotion sebaiknya dihindari karena akan memperparah iritasi.

4. Tutup pintu dan jendela sebelum menyalakan lampu, jika perlu beri kasa nyamuk untuk mencegah serangga ini masuk ruangan. Tidur dengan menggunakan kelambu juga disarankan apabila serangga semut charlie telah banyak ditemukan di sekitar rumah.

5. Kamu bisa mengompres kulit yang terkena semut charlie dengan cairan antiseptik dingin apabila timbul lesi seperti luka bakar. Namun perawatan terbaik adalah dengan menghubungi dokter sesegera mungkin.

6. Jangan lupa untuk selalu membersihkan lingkungan rumah yang selama ini tidak terawat. Sebab daerah yang lembap bisa menjadi tempat berkembang biak semut charlie. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini