Awasi Anak dan Remaja dari Karya Seni yang Mengandung Unsur Bunuh Diri

Selasa, 20 Agustus 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Awasi Anak dan Remaja dari Karya Seni yang Mengandung Unsur Bunuh Diri Ilustrasi Bunuh Diri. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada penikmat karya seni terutama pada anak atau remaja, masalah mental yang dimiliki bisa timbulkan dampak lebih besar. Perhatian ekstra terutama harus dilakukan ketika menikmati karya seni yang mengandung unsur bunuh diri.

Hal tersebut karena mungkin saja, banyak dari mereka yang sudah memiliki keinginan bunuh diri sudah ada dalam dirinya. Bahkan hal ini muncul sebelum terpapar sebuah cerita dengan unsur bunuh diri.

"Memang kecenderungan itu sudah ada dalam dirinya, lalu ketika ada model atau contoh jadi seperti terkonfirmasi bahwa hal itu umum atau biasa dilakukan atau boleh dilakukan," kata psikolog klinis yang juga staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Imelda Ika Dian Oriza.

Kepada Health Liputan6.com, perempuan yang akrab disapa Dian itu mengatakan bahwa bukan karya seni atau pembuatnya yang harus disalahkan terkait adanya masalah semacam itu. Yang harus diselesaikan adalah penyebab keinginan bunuh diri tersebut.

Dian mengatakan bahwa karya seni merupakan ekspresi dari penciptanya dan memang bisa menggerakkan emosi orang lain. Meski begitu, ketika seseorang terpicu melakukan hal yang buruk karena menikmati sebuah sebuah karya, penciptanya tidak bisa begitu saja dikatakan sebagai penyebab seseorang melakukan hal yang negatif.

"Memang penulisnya tidak bisa disalahkan karena dia mengekspresikan dirinya," ujar Dian.

Di sisi lain, para pencipta karya seni tetap harus berhati-hati dengan apa yang dibuatnya. Terutama, ketika dikaitkan dengan batasan norma yang ada di masyarakat.

"Sehingga tentu saja, harus hati-hati untuk menulis dan penikmat seni dalam memaknai karya seni orang lain dan menjaga diri agar tidak terprovokasi secara emosional oleh karya orang lain," tandasnya.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini