Awas, 5 Penyakit ini ternyata bisa menyerang pria!

Rabu, 18 Mei 2016 08:39 Reporter : Indra Cahya
Awas, 5 Penyakit ini ternyata bisa menyerang pria! Ilustrasi pria terserang penyakit. © mensxp.com

Merdeka.com - Banyak sekali penyakit maupun kondisi kesehatan yang telah dibuktikan secara medis hanya menyerang spesifik ke wanita. Begitu pula sebaliknya, pria pun memiliki berbagai kondisi kesehatan yang tak bisa dialami oleh kaum hawa.

Namun, bagaimanapun juga semua manusia diciptakan sama, di mana jenis kelamin terkadang tak bisa membeda-bedakan tiap manusia. Faktanya, ada beberapa kondisi kesehatan yang sering dialami wanita, ternyata juga bisa menyerang pria. Jadi, ada baiknya bagi pria untuk berhati-hati akan kemungkinan terburuk yang mungkin bisa terjadi.

Berikut adalah daftar dari berbagai kondisi kesehatan yang seringkali terjadi di wanita, namun bisa juga dialami pria.

1. Kanker payudara

Tak hanya wanita, pria pun bisa mengalami kanker payudara namun dengan kemungkinan dan kasus yang kecil. Resiko kanker payudara bagi pria bisa terjadi dengan berbagai faktor seperti umur, tingkat obesitas, tingginya konsumsi alkohol, permasalahan hati, serta permasalahan testis.

Gejala paling umum kanker payudara pada pria tak beda dengan wanita, yakni adanya benjolan di area dekat puting dan di bawah ketiak. Benjolan ini sama sekali tak sakit, jadi kita akan mengira benjolan ini hanyalah alergi ataupun ruam.

2. Menopause

Kita tak boleh lagi berargumen bahwa hanya wanita yang mengalami menopause, karena tak bisa dipungkiri, pria pun akan mengalami kondisi yang sama meski tak serupa. Yap, pria pun akan menjalani perubahan hormon ketika mereka makin tua. Hal ini disebut 'male menopause,' yang merupakan kondisi di mana pria berhenti memproduksi hormon kejantanan.

Beberapa gejalanya adalah makin lemah dalam keseharian, depresi, serta problem seksual. Meski demikian, kondisi ini akan lebih lambat terjadi pada pria, ketimbang menopause yang terjadi di wanita.

3. Osteoporosis

Sejak dulu masyarakat selalu bertanya-tanya mengapa osteoporosis banyak menyerang wanita, dan hal ini memang terjadi, terutama pasca fase menopause. Hal ini terjadi karena hormon estrogen yang berkurang, di mana estrogen juga mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang. Padahal massa tulang pada wanita biasanya memang lebih kecil dari pria.

Namun jangan salah, pria juga tak begitu saja lepas dari resiko osteoporosis. Dengan penyebab yang sama, yakni kalsium yang tidak terangkut ke dalam tulang, diam-diam pria pun akan mengalami osteoporosis. Biasanya di usia 65 ke atas, kemampuan tulang pria untuk menyerang kalsium juga sudah menurun drastis.

4. Penyimpangan pola makan (eating disorder)

Banyak yang mengira penyimpangan pola makan atau eating disorder hanyalah permasalahan mental biasa yang sering dialami wanita dan hanya dipengaruhi gaya hidup yang salah. Namun hal tersebut salah besar, hal ini bisa mematikan dan pria pun banyak mengalami kondisi ini. banyak sekali kasus di mana remaja pria mengalami Anorexia, Bulimia, dan makan berlebih dalam satu waktu.

5. Lupus

Menurut statistik, 9 dari 10 penderita lupus adalah wanita. Yap, banyak yang mengaitkan lupus dengan penyakit wanita, karena memang kebanyakan lupus menyerang wanita ketika tahap menstruasi serta dalam kondisi kehamilan. Namun bukan berarti pria tak bisa diserang lupus.

Lupus, yang merupakan sebuah kondisi di mana sistem imun tubuh menyerang organ kita sendiri, biasanya dikaitkan dengan terjadinya impotensi pada pria. Di mana kasus yang sama terjadi pada wanita, tidak beresnya hormon kejantananlah yang memicu hal ini terjadi. [idc]

Baca juga:
Benarkah kegemukan bikin kamu jadi sering migrain?
Hai, sudah tahu 10 fakta unik tentang kentut ini?
Kebanyakan konsumsi 4 makanan ini bisa bikin tubuh sakit, lho
Kenapa hasrat seksual wanita selalu memuncak saat sedang hamil?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini