6 Hal yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari demi Tidur Malam yang Nyenyak

Sabtu, 16 Juli 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Hal yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari demi Tidur Malam yang Nyenyak ilustrasi tidur. pexels

Merdeka.com - Tidur malam yang nyenyak merupakan sebuah hal yang diinginkan dan diidamkan oleh banyak orang. Sayangnya, kerap kali kita merusak dan mengganggu jam tidur yang penting untuk diri kita ini.

Pada sore dan malam hari, terdapat sejumlah hal yang bisa mempengaruhi tidur nyenyak kita di malam hari. Namun, siapa sangka bahwa hal yang kita lakukan di pagi hari juga bisa berpengaruh.

Diketahui bahwa aktivitas pagi hari yang kita lakukan bisa berpengaruh sama besarnya dengan aktivitas sore hari.

"Ritme sirkadian kita yang merupakan faktor paling penting dalam mengatur tidur kita dan merupakan siklus sepanjang 24 jam," terang Angela Holliday-Bell, MD, pakar urusan tidur dari Arlington, Virginia dilansir dari Livestrong.

"Kebiasaan dan rutinitas pagi hari bisa membantu ritme ini dan membuat kita tidur lebih mudah di malam hari," sambungnya.

Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah hal di pagi hari yang bisa berdampak demi tidur malam yang nyenyak.

Sejumlah hal ini merupakan dampak yang bisa kamu lakukan di pagi hari agar dapat tidur nyenyak malam hari. Selain membantu tidur, sejumlah hal ini juga bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

2 dari 4 halaman

Jam Bangun yang Sama Setiap Hari

1. Bangun di Waktu yang Sama Setiap Pagi

Bangun secara konsisten pada jam yang sama setiap hari bisa sangat membantumu untuk tidur di malam hari. Hal ini penting dilakukan bahkan di akhir pekan karena bisa menjaga siklus tidur tetap normal dan sama setiap hari.

Perbedaan jam bangun sekitar 30-60 menit tetap dapat ditoleransi setiap hari. Walau begitu, penting untuk tetap bangun dalam kisaran jam yang sama setiap hari.

2. Jangan Mematikan Weker

Keinginan untuk tidur lebih lama terutama setelah mendengar jam weker merupakan hal kerap ingin kita lakukan. Namun, kebiasaan ini ternyata malah membuat tidur malammu jadi terganggu.

"Secara rata-rata jarak antara tombol snooze di weker adalah tujuh hingga sembilan menit. Dalam jangka waktu tersebut, kita kesulitan untuk bisa tidur kembali secara nyenyak," terang Michael Breus, PhD, psikolog dan pakar tidur.

Kondisi ini bisa menundamu bangun dan menjadi merasa tidak segar saat bangun. Hasilnya, kamu bisa merasa lelah saat bangun pagi hari.

3 dari 4 halaman

Cahaya Matahari Pagi dan Rapikan Kasur

pagi dan rapikan kasur

3. Nikmati Cahaya Matahari pagi

Pada pagi hari ketika matahari sudah terbit, segera buka jendela atau keluar rumah untuk menikmati cahaya. Paparan dari cahaya matahari alami ini bisa membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, menjadi lebih terjaga di pagi hari, dan lebih mudah mengantuk pada malam hari.

Cahaya matahari ini membantu menghentikan produksi hormon penyebab tidur, melatonin. Hal ini bisa membantumu terjaga lebih cepat dan manfaat ini bisa lebih maksimal ketika kamu setidaknya berjemur selama 15 menit.

4. Merapikan Kasur

Membereskan dan merapikan tempat tidur bisa menjadi cara di pagi hari yang membantu tidur. Berdasar penelitian, diketahui bahwa mereka yang merapikan kasur di pagi hari bisa memiliki tidur malam lebih nyenyak.

Kasur dan bantal yang berantakan bisa meningkatkan kortisol atau hormon stres. Sebaliknya, tempat tidur yang rapi bisa memberikan rasa tenang dan sangat membantu terutama sebelum tidur.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Sarapan Bernutrisi dan Banyak Bergerak

5. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi sarapan yang sehat dan bernutrisi tak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja. Hal ini juga bisa bermanfaat terhadap kualitas tidur yang kita miliki.

Sama seperti jam tidur yang konsisten, jam makan yang konsisten terutama pada sarapan memiliki peran besar dalam mengatur ritme sirkadian tubuh. Sarapan yang sehat bisa menjadi awal dalam gaya hidup sehat dalam seharian yang bisa membuat tidur lebih cepat dan berkualitas.

6. Banyak Bergerak

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan hal yang penting kita lakukan setiap hari. Adanya aktivitas fisik serta paparan sinar matahari ini bisa berdampak maksimal untuk kualitas tidur.

Olahraga terutama di pagi hari bisa membantu dalam mengatur siklus alami tidur. Hal ini bisa sangat membantu seseorang untuk lebih mudah tertidur pada malam hari. [RWP]

Baca juga:
Tak Selalu Berdampak Buruk, Garam Juga Miliki Sejumlah Fungsi bagi Tubuh
Kadang Tak Disadari, 6 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Harus Makan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini