6 Cara Sederhana Atasi Langit-Langit Mulut yang Terasa Terbakar

Senin, 2 Desember 2019 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Sederhana Atasi Langit-Langit Mulut yang Terasa Terbakar Ilustrasi mulut. Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Kadang kala, tanpa kita sadari atau ketika tergesa-gesa kita menyesap makanan dan minuman yang terlalu panas. Jika kita menyesapnya terlalu banyak, bukan hanya lidah tapi juga langit-langit atas mulut kita terasa terbakar.

Masalah ini sesungguhnya cukup sering kita alami sehari-hari. Rasa terbakar yang terjadi di dalam mulut ini biasanya bakal bertahan selama beberapa hari dan mengganggumu ketika makan atau minum.

Pada kondisi tertentu, rasa terbakar yang terjadi di dalam mulut ini bisa menjadi lebih parah. Hal ini bahkan bisa membuatmu kesulitan untuk berbicara karena masalah yang muncul di mulut.

Jaringan di bagian dalam mulut sangat harus dan mudah terbakar oleh makanan dan minuman panas. Lemak dari minyak dan cairan lainnya menyimpan panas dalam waktu lama dan mengonsumsinya ketika masih panas bisa membuat mulut menjadi terbakar.

Rasa terbakar ini bisa bertahan lama jika tidak segera diatasi. Dilansir dari Times of India, berikut enam cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa terbakar yang terjadi di langit-langit atas mulut.

1 dari 6 halaman

Air Dingin

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa terbakar adalah dengan mengonsumsi air dingin. Seseorang yang langit-langit atas mulutnya terbakar sebaiknya segera mengatasi hal tersebut dengan air dingin selama 10 menit. Kamu juga bisa mengulum es batu selama beberapa waktu untuk mengatasi masalah ini.

2 dari 6 halaman

Madu

Mengonsumsi makanan manis seperti madu bisa bermanfaat ketika langit-langit atas mulutmu terasa terbakar. Madu bisa mengatasi mulut terbakar dan menjaga kelembapannya. Terdapat kandungan antimikroba pada madu yang bisa membunuh mikroorganisme berbahaya dan membantu proses penyembuhan.

3 dari 6 halaman

Susu atau Yogurt

Mengonsumsi yogurt atau susu dingin bisa meringankan rasa tak nyaman di mulut. Kedua minuman ini memberi lapisan pada kulit yang terbakar untuk mencegah iritasi dan rasa gatal. Selain itu, minuman ini juga membantu luka tetap lembap dan berguna dalam proses penyembuhan.

4 dari 6 halaman

Mint

Mint memiliki kandungan methanol yang mengurangi rasa terbakar di dalam mulut. Tanaman ini penuh dengan kandungan antibakteri dan juga bisa mengurangi infeksi. Kamu bisa mengoleskan pasta gigi mint pada langit-langit mulut atau mengunyah permen karet mint.

5 dari 6 halaman

Bernapas Melalui Mulut

Terdapat cara sangat mudah yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa terbakar di mulut yaitu dengan bernapas melewatinya. Julurkan lidah dan bernapas dengan mulut agar rasa sakit yang kamu alami berkurang.

6 dari 6 halaman

Minyak Vitamin E

Vitamin E bisa membantu meredakan rasa terbakar di mulut dan memulihkannya. Kamu bisa melakukannya dengan cara membuat kapsul vitamin E dan mengoleskan minyaknya pada bagian mulut yang terasa terbakar.

Rasa terbakar yang muncul pada mulut ini biasanya bakal sembuh setelah satu minggu. Namun ketika kondisi lidahmu tak membaik setelah 10 hari, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Selain itu, hati-hati juga ketika kamu mengonsumsi makanan panas selanjutnya. [RWP]

Baca juga:
Waspada! Gigi Berlubang pada Ibu Hamil Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur
Benarkah Kesehatan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan?
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular
Benarkah Olahraga Teratur Bisa Membantu Mengusir Bau Mulut?
Buruknya Kondisi Kesehatan Mulut Bisa Sebabkan Penurunan Kognitif

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini