5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Jeroan Sapi dan Ayam

Selasa, 27 Juli 2021 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Jeroan Sapi dan Ayam Babat gongso. openrice.com

Merdeka.com - Selama ini jeroan selalu dituduh sebagai salah satu makanan tak sehat yang bisa menjadi penyebab sejumlah masalah kesehatan. Makanan ini kerap dituduh sebagai penyebab meningkatnya kolesterol serta masalah asam urat.

Walau begitu, berbagai olahan hidangan dengan bahan dasar jeroan seperti usus, babat, hati, dan lain sebagainya memiliki rasa sangat sedap dan sulit kita lewatkan. Baik sebagai soto, gule, atau dibuat menjadi berbagai jenis hidangan lain, jeroan merupakan makanan yang lezat untuk disantap.

Selama ini, jeroan hanya dikenal dengan berbagai dampak buruk yang mungkin muncul. Namun, siapa sangka bahwa ternyata terdapat manfaat sehat yang bisa kita peroleh dari konsumsi berbagai jenis jeroan ini.

Jeroan memiliki kandungan penuh nutrisi yang bisa lebih baik dibanding daging. Sejumlah vitamin dan mineral bisa diperoleh dari jeroan, termasuk kandungan vitamin B, zat besi, serta zinc.

Berbagai kandungan yang ada di dalam jeroan ini menjadikannya memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Dilansir dari WebMD, berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa diperolah dari konsumsi jeroan.

1. Menurunkan Risiko Alzheimer's

Pada hati, terdapat kandungan thiamin atau dikenal juga sebagai vitamin B1. Penelitian mengungkap bahwa thiamin bisa mencegah faktor risiko Alzheimer's termasuk hilangnya ingatan serta terbentuknya plak.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Energi dan Menurunkan Risiko Kanker

2. Meningkatkan Energi

Jeroan terutama pada hati dan ginjal mengandung zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kurangnya zat besi bisa menjadi penyebab kelelahan dan kurangnya energi. Oleh karena itu, konsumsi ginjal dan hati bisa menjadi cara untuk meningkatkan energi secara cepat.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Jeroan memiliki kandungan Riboflavin atau biasa dikenal sebagai vitamin B2 yang bisa bermanfaat melindungi tubuh dari kanker jenis tertentu. Penelitian mengungkap bahwa Riboflavin bisa menurunkan risiko kanker paru-paru dan kolorektal.

3 dari 3 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Memperkuat Sistem Imun

penyakit jantung dan memperkuat sistem imun

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Semua jeroan kecuali usus memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Kombinasi kandungan ini dengan folat bisa menyeimbangkan tingkat homocysteine di dalam darah. Tingginya tingkat homocysteine di dalam darah merupakan penyebab terjadinya penyakit kardiovaskular.

5. Memperkuat Sistem Imun

Sejumlah jeroan seperti hati, ginjal, dan jantung memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc diperlukan oleh sistem imum tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi di dalam tubuh. [RWP]

Baca juga:
Wajib Tahu, Ini Deretan Buah dengan Kandungan Gula Paling Tinggi
Benarkah Konsumsi Daging saat Iduladha Tingkatkan Risiko Tekanan Darah?
Pola Makan Gizi Seimbang Jadi Cara Tingkatkan Imunitas selama Pandemi
Benarkah Air Kelapa Bisa Tekan Efek Samping Vaksin?
Dalam Mencegah dan Mengobati COVID-19, Keseimbangan Gizi Memiliki Peran Penting
Alergi Makanan pada Anak Bisa Dicegah Sejak Masih dalam Kandungan
MPASI Memiliki Peran Penting Kenalkan Anak dengan Bentuk dan Rasa Makanan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Makanan Sehat
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini