5 Cara Alami dan Sederhana untuk Meredakan Demam dan Pilek

Kamis, 26 September 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Alami dan Sederhana untuk Meredakan Demam dan Pilek Ilustrasi demam. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Perubahan suhu dan udara yang tidak menentu seperti sekarang merupakan saat munculnya sejumlah masalah kesehatan pada diri seseorang. Salah satu masalah yang paling rentan muncul adalah adanya demam dan pilek.

Masalah kesehatan ini bukan merupakan hal yang aneh dialami oleh sejumlah orang. Bahkan dalam setahun, seseorang bisa mengalami masalah kesehatan ini beberapa kali.

Penyakit ini muncul karena virus sehingga bisa diatasi oleh tubuh sendiri tanpa menggunakan pengobatan. Penting bagimu untuk mengendalikan dan mengenali gejala yang muncul.

Hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, hidung mampet, dan sakit kepala, merupakan gejala dari demam. Walau hal ini bisa sangat mengganggu, namun tidak ada bahaya yang muncul dari hal ini.

Hingga gejala ini benar-benar sirna dari tubuhmu, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Sejumlah hal ini bisa membantu mengurangi dampak dari gejala yang muncul.

Untuk meredakan sejumlah gejala ini, kamu bisa menggunakan bahan yang alami dan cara yang sederhana. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara alami dan sederhana untuk meredakan demam dan pilek.

1 dari 5 halaman

Beristirahat

Istirahat merupakan obat terbaik terhadap semua masalah kesehatan yang kamu alami. Beristirahat bisa membantu tubuh melawan virus yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih optimal.

Ketika bersitirahat, tingkat stres di dalam tubuh bisa menurun sehingga lebih efisien dalam melawan virus. Beraktivitas ketika sakit hanya bakal membuatmu lebih lemah dan penyembuhan lebih lambat.

2 dari 5 halaman

Banyak Minum

Demam, hidung mampet, dan menurunnya kekebalan tubuh bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Untuk mencegah masalah ini, pastikan cukup minum air, jus, atau sup.

Ketika kamu sedang dehidrasi, tubuh bakal kesulitan untuk melawan virus yang masuk. Konsumsi minuman yang nyaman di lambung dan juga memberi nutrisi pada tubuh.

3 dari 5 halaman

Sering Berkumur

Tanda pertama dari demam adalah sakit di tenggorokan. Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu menurunkan peradangan dan iritasi di tenggorokan.

Berkumur yang kamu lakukan ini juga dapat menghilangkan lendir berlebih serta rasa kering di tenggorokan. Campurkan setengah sendok teh garam pada air untuk mendapat manfaat luar biasanya.

4 dari 5 halaman

Hirup Uap

Uap hangat ketika dihirup dengan tepat bisa melegakan dari hidung mampat yang kamu alami. Hal ini merupakan solusi sementara dan sebaiknya diulangi setidaknya dua kali sehari.

Untuk menambah manfaat yang diperoleh, kamu bisa menambah minyak esensial pada air yang kamu hirup. Ketika menghirup uap, ingat untuk menutup mata agar tak mengalami iritasi.

5 dari 5 halaman

Nyalakan Humidifier

Demam dan pilek yang kamu alami biasanya tidak mengenal musim. Hal ini bisa terjadi kapan pun dalam setahun. Namun virus bisa tersebar lebih cepat ketika udara kering.

Menyalakan humidifier bisa membuat pernapasanmu lebih lega dan nyaman. Udara kering bisa meningkatkan iritasi yang disebabkan sakit tenggorokan, batuk, dan hidung mampet.

Sejumlah cara tersebut bisa coba kamu lakukan untuk mengobati dan mencegah masalah lebih parah. Hal tersebut juga dapat mempercepat penyembuhanmu saat ini. [RWP]

Baca juga:
Penyebab Rasa Sakit di Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini