3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Makanan usai Berolahraga

Sabtu, 22 Februari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Makanan usai Berolahraga Ilustrasi makan makanan sehat. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Usai berolahraga, tubuh biasnaya bakal kehilangan cairan dan sejumlah nutrisi. Hal ini biasanya bakal membuatmu menjadi lapar dan kamu mencari cara untuk kembali mengisi tubuh.

Walau begitu, pada saat ini kamu tidak boleh makan secara sembarangan karena bisa membuat upayamu dalam berolahraga menjadi percuma. Pilihan makanan yang tepat juga sama pentingnya dengan olagraga yang kamu lakukan.

Nutrisi yang efektif pada tubuhmu sangat diperlukan bahkan ketika kamu tidak memiliki gaya hidup yang aktif. Oleh karena itu, penting untuk menentukan makanan yang kamu konsumsi sebelum atau sesudah berolahraga.

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat 20-30 menit usai berolahraga sangat penting untuk mengembalikan energi serta memperbaiki otot. Ketika jangka waktu dari olahraga ke makan terlalu lama, maka pemulihan tubuh bakal menurun. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang penting diperhatikan saat memilih makanan usai berolahraga.

1 dari 3 halaman

Hitung Karbohidrat

Usai berolahraga, tubuh sangat membutuhkan karbohidrat sebagai bahan bakar untuk metabolisme dan mencerna glukosa. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya walau kamu sedang menurunkan berat badan. Karbohidrat yang mudah dicerna merupakan pilihan yang sangat tepat usai berolahraga.

2 dari 3 halaman

Fokus pada Kualitas Protein

kualitas protein

Konsumsi protein berkualitas dalam jumlah cukup merupakan hal yang penting ketika memulihkan diri usai olahraga. Makanan seperti daging, ikan, ayam, kacang-kacangan, susu, dan telur bisa jadi pilihan yang baik. Pilihan terbaik adalah mengonsumsi susu karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang seimbang.

3 dari 3 halaman

Konsumsi Cukup Air

Minum pada saat berolahraga serta setelahnya merupakan hal yang sangat penting. Cairan pada tubuhmu ini juga bisa diperoleh tak hanya dari air namun juga dari jus. Pilihan lain adalah air kelapa yang bisa memulihkan keseimbangan elektrolit pada tubuh.

Sejumlah hal tersebut penting untuk kamu perhatikan ketika memilih makanan atau minuman yang tepat setelah berolahraga. Pilihan yang tepat bisa membuat tubuhmu pulih lebih cepat usai berolahraga. [RWP]

Baca juga:
Cara Tepat Bagi Anak Muda untuk Tetap Sehat di Tengah Banyaknya Jajanan
Konsumsi Produk Fermentasi Kedelai Diketahui Bisa Turunkan Risiko Kematian

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini