Survei KedaiKOPI: Susi Pudjiastuti Unggul Sebagai Tokoh Alternatif Nasional

Kamis, 18 Juni 2020 21:02 Reporter : Merdeka
Survei KedaiKOPI: Susi Pudjiastuti Unggul Sebagai Tokoh Alternatif Nasional Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi Kajian Opini Publik) merilis survei terbaru mereka terkait tokoh alternatif nasional yang memiliki persepsi baik di hadapan publik Indonesia. Hasilnya, nama mantan menteri KKP, Susi Pudjiastuti, bertengger di urutan teratas.

Posisi kedua ada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, disusul Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Mereka mempunyai potensi untuk berkontestasi dalam pertarungan politik Indonesia ke depan," tulis Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, dalam siaran pers diterima, Kamis (18/6).

Selain tiga nama di atas, nama lain yang muncul menjadi alternatif, adalah Tri Risma, Sri Mulyani, Andi Amran Sulaiman, Khofifah, Amran Sulaiman, dan Rizal Ramli.

"Nama-nama tersebut mula-mula didapatkan melalui FGD (Focus Group Discussion) yang dilakukan dengan perwakilan dari setiap provinsi secara daring sebelum survei dilakukan untuk menyaring nama sekaligus menajamkan isu yang akan ditanyakan pada responden," jelas Kunto.

Sebagai informasi, survei ini digelar secara nasional (34 provinsi) pada tanggal 27 April-8 Mei, 2-4 Juni 2020 dengan melibatkan 1.200 responden dengan metode online survei. Secara umum menggambarkan tingkat kesukaan publik terhadap para tokoh alternatif Indonesia.

Berikut ranking dari hasil survei tersebut:

1. Susi Pudjiastuti (24,6%)
2. Anies Baswedan (20,1%)
3. Ridwan Kamil (15,4%)
4. Tri Rismaharini (14,7%)
5. Sri Mulyani (10,1%)
6. Andi Amran Sulaiman (8,7%)
7. Khofifah Indar Parawansa (4,1%)
8. Rizal Ramli (2,3%).

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini