Sisa 5 Provinsi dan 1 PPLN, Hari Ini KPU Tuntaskan Rekapitulasi Nasional

Minggu, 19 Mei 2019 13:19 Reporter : Merdeka
Sisa 5 Provinsi dan 1 PPLN, Hari Ini KPU Tuntaskan Rekapitulasi Nasional Ketua KPU Arief Budiman. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menuntaskan penghitungan atau rekapitulasi suara Pemilu 2019. Dari 34 Provinsi, tinggal 5 provinsi lagi yang penghitungannya akan diselesaikan hari ini.

Ketua KPU KPU Arief Budiman saat menutup rapat pleno rekapitulasi nasional Sabtu (18/5) malam di Gedung KPU, Jakarta menjelaskan, lima provinsi tersebut adalah Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, Riau, dan Sumatera Utara. Rekapitulasi dimulai pukul 13.00 WIB.

"Kita akan lakukan untuk keseluruhan provinsi. Jadi ada enam dokumen lagi yang akan kita rekap di tingkat nasional," kata Arief.

Selain rekap provinsi, KPU juga merampungkan penghitungan PPLN Kuala Lumpur yang dilakukan penghitungan suara ulang (PSU). PSU di Kuala Lumpur dilakukan lantaran temuan kasus surat suara tercoblos sebelum masa pemungutan suara dilakukan.

"PPLN yang masih belum direkap (PSU Kuala Lumpur). Jadi ada enam dokumen ya," jelas Arief.

Sebelumnya, KPU telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi nasional yang mencakup 29 provinsi di Indonesia. Dari 29 provinsi tersebut pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi- Ma'ruf menang di 18 provinsi, yakni Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, dan DKI Jakarta.

Sedangkan, untuk pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, unggul di 11 provinsi sisanya.

Reporter: M Radityo

Sumber: LIputan6.com

Baca juga:false
Situng KPU 89,42%: Jokowi-Ma'ruf 55,76% dan Prabowo-Sandiaga 44,24%
Pemprov DKI Siagakan Tim Medis saat Pengumuman Hasil Pemilu 2019
Rekapitulasi KPU Sulsel: Jokowi - Ma'ruf Kalah 691.802 Suara dari Prabowo-Sandiaga
Siap Hadapi Sengketa Pemilu di MK, KPU Lelang Pengacara dan Siapkan Data
KPU Tak Terganggu Rencana People Power dan Ancaman Teror pada 22 Mei
Muhammadiyah Minta Konflik Pilpres Dibawa ke Ranah Hukum dan Sesuai Konstitusi [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini