Sekjen PAN sebut Hanafi Rais gantikan Taufik Kurniawan hanya spekulasi

Senin, 5 November 2018 01:04 Reporter : Wisnoe Moerti
Sekjen PAN sebut Hanafi Rais gantikan Taufik Kurniawan hanya spekulasi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan ditahan KPK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat nasional akan melakukan reposisi Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR. Namun PAN Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno enggan berspekulasi terkait munculnya nama Hanafi Rais sebagai pengganti Taufik.

"Saya tidak tahu itu spekulasi dari mana (Hanafi Rais sebagai calon Wakil Ketua DPR) dan tentu saya tidak bisa konfirmasi hal tersebut karena pembicaraan teknis belum kami jalankan," kata Eddy usai menghadiri deklarasi Komando Ulama untuk Pemenangan Prabowo/Sandi di Jakarta, Minggu (4/11). Seperti dilansir Antara.

Menurut Eddy, keputusan akan diambil secara kolektif di tingkat DPP PAN. Menurutnya, sosok pengganti Taufik yang akan duduk di kursi pimpinan DPR adalah seorang yang senior dan punya rekam jejak yang baik di lembaga legislatif serta komitmen kepada partai serta koalisi.

"PAN harus menjalankan proses internal untuk menentukan pengganti Taufik dan hasil perincinya akan disampaikan kepada publik setelah prosesnya selesai," ujarnya.

Terkait dengan nama pengganti Taufik sebagai Wakil Ketua DPR, dia menyebutkan ada 48 nama kader PAN yang saat ini menjadi anggota DPR. Reposisi menunggu Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan kembali ke Indonesia karena saat ini masih di luar negeri.

"Ketua Umum PAN akan kembali ke Indonesia pada hari Selasa (6/11). Setelah itu, kami akan melakukan rapat secara internal yang lebih teknis lagi untuk mendapat hasil terbaik," ucapnya.

PAN juga telah resmi menonaktifkan Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua Umum setelah KPK menahannya sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait dengan DAK untuk Kabupaten Kebumen.

"Pertama, kami sudah nonaktifkan Taufik sebagai Wakil Ketua Umum DPP PAN. Setelah ini, kami akan segera melakukan reposisi Taufik dari pimpinan DPR RI," katanya.

Dia menegaskan komitmen PAN terhadap kadernya yang menduduki jabatan publik, terutama di legislatif, dan terkena kasus hukum, apalagi sudah dinyatakan sebagai tersangka dan ditahan, partainya akan melakukan reposisi dari jabatannya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini