PSI nilai Jokowi berhasil ubah pola pertumbuhan ekonomi

Selasa, 23 Oktober 2018 22:45 Reporter : Fikri Faqih
PSI nilai Jokowi berhasil ubah pola pertumbuhan ekonomi Dedek Prayudi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo dianggap telah berhasil mengubah pola pertumbuhan ekonomi menjadi lebih berkualitas selama empat tahun memimpin. Hal tersebut bisa terjadi karena program yang dilakukan pemerintahan dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi capaian ini. Indonesia sudah berada pada jalur pembangunan yang tepat," kata juru bicara PSI, Dedek Prayudi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/10).

Dia mengungkapkan, program-program pro rakyat yang dicanangkan pemerintah berhasil menyentuh rakyat miskin, seperti dana Bantuan Sosial, Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kredit Usaha Rakyat dan Bantuan Siswa Miskin. Sehingga mereka yang selama ini tidak tersentuh dapat merasakan buah manis pembangunan.

"Program bagi-bagi sertifikat lahan sebesar lima juta hektar juga telah terbukti meluluhlantahkan dominasi kepemilikan lahan oleh kelas tertentu, dan diberikan kepada rakyat kecil. Ini adalah buah manis komitmen politik Presiden kepada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Dedek yang akrab disapa Uki ini menjelaskan, tidak mengherankan apabila Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa ketimpangan ekonomi yang selama 10 tahun era kepemimpinan sebelumnya meningkat tajam, kini menurun.

Bank Dunia juga mencatat bahwa pertumbuhan kelompok masyarakat kelas menengah adalah pertumbuhan kelompok penduduk paling cepat, dikarenakan masyarakat miskin dan rentan miskin yang terus 'naik kelas'.

"Saya mengutip pernyataan sebuah teori ekonomi yang dipakai oleh World Economic Forum, bahwa pertumbuhan ekonomi yang berkualitas adalah pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yang manfaatnya tersebar merata," tutup Uki. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini