PKB harap kampanye dan kontestasi Pilpres 2019 lebih berkualitas

Minggu, 23 September 2018 11:34 Reporter : Supriatin
PKB harap kampanye dan kontestasi Pilpres 2019 lebih berkualitas Jokowi-Maruf Amin di Kampanye Damai Pemilu 2019. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa Maman Imanulhaq menyambut baik deklarasi kampanye damai yang diyakini menjadi langkah awal mewujudkan kontestasi Pilpres 2019 berkualitas.

"Ini awal yang baik untuk sebuah proses panjang kampanye baik Pilpres maupun Pileg agar nanti menghasilkan pemimpin yang baik," kata dia di Monas, Jakarta, Minggu (23/9).

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini berharap, isi deklarasi kampanye damai tidak sekadar diikrarkan. Tetapi juga direalisasikan tahun depan.

"Sehingga tidak ada lagi hoaks, tidak ada hate speech," ujarnya.

Ada tiga poin yang termuat dalam deklarasi kampanye damai Pemilu 2019. Pertama, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax politisasi SARA, dan uang.

Ketiga melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku. Ikrar deklarasi kampanye damai ini dipimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abnan yang diikuti secara serentak oleh pasangan capres-cawapres, anggota DPD dengan Dapil Jakarta dan ketua umum parpol peserta Pemilu 2019.

Maman menambahkan, kampanye di Pilpres 2019 idealnya bermuatan adu program dan gagasan. Bukan adu pernyataan yang saling menjatuhkan antara satu kubu dengan kubu lainnya.

"Menurut saya kita harus meminimalisir politik labeling itu. Hari ini seharusnya kita terfokus pada gagasan-gagasan besar untuk Indonesia ke depan, untuk Indonesia maju," ucapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini