Pilkada Tangerang, pasangan Zaki Iskandar dan Mad Romli ikuti tes BNN

Sabtu, 13 Januari 2018 10:03 Reporter : Kirom
Zaki Iskandar dan Mad Romli tes narkoba. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kandidat Pilkada Tangerang yang juga pasangan petahana A Zaki Iskandar dan Mad Romli mengikuti pemeriksaan narkotika oleh BNN dan Psikotes oleh Himpsi di RSUD Kabupaten Tangerang. Zaki mengaku tak melakukan persiapan khusus untuk menjalankan serangkaian pemeriksaan hari ini.

"Engga ada yang spesial, karena memang sudah diberitahu pada saat pendaftaran, Sabtu jadwalnya untuk pemeriksaan BNN dan pemeriksaan kesehatan Minggu-nya," kata Zaki, Sabtu (13/1).

Tes narkoba ini pertama kali diikuti Zaki meskipun dirinya sudah kali ikut pilkada. Biasanya, dia melakukan olahraga ringan yang memang menjadi kegiatan rutinnya setiap pagi. Tapi hari ini tidak karena harus mengikuti tes.

"Biasanya saya olahraga setelah subuh dari jam 05.30 sampai 06.30 WIB. Jadi hari ini enggak olahraga," ucap dia.

Pasangan Arief Wismansayah-Sachrudin juga ikuti tes BNN

Selain kandidat Pilkada Tangerang A Zaki Iskandar dan Mad Romli, pasangan Pilwalkot Tangerang, Arief Wismansayah-Sachrudin, juga menjalani pemeriksaan BNN dan psikotest.

Keduanya berkeyakinan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kemarin oleh tim Dokter IDI Tangerang, cukup memuaskan.

"Kemarin sudah menjalankan pemeriksaan kesehatan cukup banyak, mudah-mudahan kami berdua dan pak bupati sehat dalam mengikuti proses pilkada dan menjalankan pemerintah lima tahun kedepan," ucap Arief R Wismansyah, Sabtu (13/1/2018) di RSUD Tangerang.

Mulyanto, Psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) menerangkan, pemeriksaan psikologis yang dilakukan terhadap kandidat calon bupati dan calon wali kota sama seperti yang dilakukan pada Pemilihan Gubernur Banten kemarin.

"Kalau yang diukur sama seperti gubernur, semua diperiksa secara psikologis mulai dari pengendalian diri, pengendalian emosi, kestabilan emosi semua kita periksa. Hasilnya insyaAllah hari ini aja," kata dia.

Pemeriksaan psikotest akan berlangsung selama 4 jam.

Terpisah, Kepala BNN Kota Tangerang, AKBP Akhmad, menerangkan ada enam indikator untuk pemeriksaan narkoba.

"Jadi dengan prosedur yang telah ditetapkan KPU, bakal calon bupati dan wali kota sudah tahu urutanya dan ini suatu keharusan," terang Akhmad.

Dia menerangkan, 6 parameter yang diperiksa itu terkait, metamphetamin, amphetamin, Benzo, THC dan heroin.

"Ya hanya enam parameter itu, tidak ada tes rambut hanya urin," kata dia.

Terpisah, Kepala BNN Kota Tangerang, AKBP Akhmad, menerangkan ada enam indikator untuk pemeriksaan narkoba.

"Jadi dengan prosedur yang telah ditetapkan KPU, bakal calon bupati dan wali kota sudah tahu urutannya dan ini suatu keharusan," terang Akhmad.

Dia menerangkan, 6 parameter yang diperiksa itu terkait, metamphetamin, amphetamin, Benzo, THC dan heroin.

"Ya hanya enam parameter itu, tidak ada tes rambut hanya urin," kata dia. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini