PDIP Instruksikan Kader Terapkan Strategi Micro-Targeting di Pemilu Serentak

Sabtu, 24 November 2018 15:48 Reporter : Ahda Bayhaqi
PDIP Instruksikan Kader Terapkan Strategi Micro-Targeting di Pemilu Serentak Workshop PDIP di Jakarta. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat meminta para kader dari tingkat Provinsi sampai ranting khususnya, berstrategi micro-targeting untuk pemenangan Pemilu dan Pilpres 2019. Strategi itu untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf, sekaligus partai dalam pemilihan legislatif.

Micro-targeting adalah strategi di mana masyarakat perorangan atau per rumah diketuk hatinya dengan program-program Presiden Joko Widodo ( Jokowi) yang bisa langsung dirasakan. Kata Djarot, strategi itu adalah perintah capres petahana Jokowi.

"Kita harus gunakan bukan baliho gede-gede tapi micro targeting, micro itu kecil targetnya hsrus kecil-kecil, apa kecil-kecil berarti per-rumah," ujar Djarot dalam rapat konsolidasi Pilpres dan Pileg di Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (24/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta para kader untuk semuanya turun mengetuk pintu rumah ke rumah. Djarot mencontohkan para warga yang disambangi bisa diminta testimoni tentang program yang sudah dirasa bermanfaat.

"Anak ranting, kader kita di ranting kader PAC, turun ke bawah dari rumah ke rumah. Sekarang jaman medsos semua orang merekam testimoni orang di pasar, di testimoni apa yang dirasakan dengan programnya pak Jokowi tapi jangan diatur dia, apa adanya alamiah," jelasnya.

Selain itu, Djarot meminta saksi di tempat pemungutan suara diperkuat. Serta, dipintanya, para petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) dan KPU Daerah didekati. Supaya kerjanya diawasi untuk menghindari kecurangan.

"Kalau bisa dekati PPS KPPS KPUD bukan mau curang tapi supaya mereka tidak curang awasi mereka. Saya minta tolong betul saksi diperkuat," kata Djarot.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Bandung Barat Ida Widaningsih menargetkan raihan suara untuk Pilpres sebesar 60 persen. Untuk Pemilu sendiri mereka menargetkan mempertahankan hasil 2014. Yaitu Bandung Barat 14 kursi legislatif tingkat kabupaten, provinsi dua kursi, dan DPR RI 2 kursi. Untuk Kabupaten Bandung, 9 kursi DPRD kabupaten, 2 kursi DPRD provinsi, dan dua kursi DPR RI.

"Target raihan kemenangan utk pilpres 60 persen Dan legislatif mempertahankan pemilu pemenangan 2014," kata Ida. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini