Ini tanggapan Moeldoko dianggap jadi bagian strategi Jokowi hadapi 2019

Kamis, 18 Januari 2018 17:27 Reporter : Supriatin
Ini tanggapan Moeldoko dianggap jadi bagian strategi Jokowi hadapi 2019 Pelantikan Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan. ©2018 Biro Pers Istana

Merdeka.com - Jenderal (Purn) Moeldoko membantah anggapan bahwa pengangkatan dirinya sebagai Kepala Staf Kepresidenan sebagai salah satu strategi Jokowi untuk memenangkan Pilpres 2019. Pengangkatan Moeldoko dianggap sebagai strategi dari Jokowi untuk memperkuat basis kekuatan kalangan militer guna menghadapi Pilpres 2019.

"Sopo sing ngomong gitu? awakmu tuh," katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/1).

Bagi Moeldoko, yang harus dilakukan saat ini adalah menjalankan tugasnya untuk mengakselerasi program-program nasional. Dia tak mau ambil pusing dengan anggapan tersebut.

"Bagi saya, tugas saja dijalanin‎," ujar dia.

Presiden Joko Widodo melantik Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan pada Rabu (17/1) pagi. Mantan Panglima TNI ini dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11/P/2018.

Selain Moeldoko, Jokowi juga mengangkat Jenderal (Purn) Agum Gumelar sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden berdasarkan Keppres Nomor 12/P/2018. Masuknya dua pensiunan jenderal ini menambah daftar panjang jenderal pembantu Jokowi.

Saat ini, jenderal yang berada di lingkaran istana adalah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menko Polhukam Wiranto, Anggota Wantimpres Subagyo Hadi Siswoyo dan Yusuf Kartanegara, serta anggota dewan pengarah Unit Kerja Pancasila, Try Sutrisno.

Selain itu, ada juga pensiunan jenderal polisi seperti Kepala BIN Budi Gunawan, Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto dan Staf Khusus Presiden Gories Mere.

Sejumlah pihak menganggap, langkah Jokowi merangkul para jenderal ini untuk memperkuat barisan jenderal guna memenangkan kembali pertarungan Pilpres 2019. [rzk]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini