Ini Kronologi Jokowi Beli Sabun Cuci Rp 2 Miliar di Garut

Kamis, 24 Januari 2019 19:49 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ini Kronologi Jokowi Beli Sabun Cuci Rp 2 Miliar di Garut Jokowi dan Ridwan Kamil di Situ Bagendit. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong menjelaskan proses pembelian sabun cuci senilai R 2 miliar. Awalnya, Joko Widodo (Jokowi) hanya menggelontorkan uang Rp 10 juta kepada UMKM di Garut, Jawa Barat.

"Pak Jokowi waktu itu membayar dulu 10 juta kalo tidak salah dengan mungkin uang yang ada di dia ya kan," ujar Usman di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Kamis (24/1).

Kemudian, duit sisanya ditanggung oleh Tim Kampanye Nasional. Meski kedatangan Jokowi sebagai presiden, Usman mengatakan pembelian itu sudah direncanakan oleh timses.

"Jadi itu biayanya nanti biaya Tim Kampanye Nasional itu distribusinya itu adalah TKN untuk sabun kalau sudah selesai nih. Kan kalo sabun enggak melanggar aturan," kata dia.

Sabun cuci sejumlah 100 ribu botol itu rencananya akan dibagikan saat turun ke lapangan. Yaitu saat melakukan kunjungan di daerah-daerah.
Disinggung pembelian demi kepentingan elektoral, Usman membantah. Menurutnya Jokowi ingin membantu UMKM.

"Kita tidak mengukur efek elektoral tapi ukurannya adalah bagaimana kita membantu UMKM. Enggak ada urusan elektoral sama kita," ujarnya. [ian]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini