Indo Barometer: Jokowi-AHY 48,6 persen, Prabowo-Anies Baswedan 19,1 persen

Minggu, 3 Desember 2017 17:26 Reporter : Sania Mashabi
Survei Indo Barometer. ©2017 istimewa

Merdeka.com - Lembaga survei Indo Barometer mengadakan simulasi survei terhadap beberapa pasangan calon Wakil Presiden untuk mendampingi Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang. Dalam simulasi tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan posisi teratas untuk bisa mendampingi Jokowi dibanding calon lainnnya.

"Pasangan Jokowi-Agus Harimurti Yudhoyono 48,6 persen pasangan Prabowo-Anies Baswedan 19,1 persen. Dari simulasi model B juga Jokowi jika berpasangan dengan AHY sebesar 29,4 persen," kata Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari saat memaparkan hasil survei nasional 'Siapa Penantang Potensial Jokowi di 2019' di Jakarta, Minggu (3/12).

Persentase Jokowi-AHY tersebut mengalahkan persentase untuk Jokowi-Gatot Nurmatyo sebesar 47,9 persen di posisi kedua. Kemudian jika Jokowi disandingkan dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil hanya mendapatkan 46,6 persen.

Sedangkan masyarakat, kata Qodari, ingin mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bersanding dengan sosok dari kalangan militer. Hal itu terlihat juga dari hasli survei yang dilakukan oleh lembaganya, 22,5 persen masyarakat mensyaratkan Jokowi harus bersandingan dengan kalangan militer.

Selain itu, pendamping Jokowi juga harus berpengalaman dalam pemerintahan dengan 14,3 persen dan dekat dengan rakyat sebesar 12,3 persen.

Terkait peluang Prabowo, jika maju dalam Pilpres dianggap lebih cocok bersandingan dengan Anies Baswedan. Sebab masyarakat beranggapan bahwa calon yang paling tepat untuk mantan Danjen Kopasus tersebut adalah sosok kalangan sipil.

"Untuk Prabowo dari kalangan sipil sebesar 20,5 persen, dekat dengan rakyat 16,0 persen," tandasnya.

Qodari sempat memaparkan, bahwa survei ini dilakukan sejak 15-23 November 2017 dengan margin of erorr kurang lebih 2,83 persen dan 95 persen tingkat kepercayaan. Metode penelitian multistage Random Sampling pada 1200 responden dengan usia minimal 17 tahun atau sudah menikah di 34 provinsi. Data survei diambil dengan berwawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini