Hasto Geram Ada Pohon Plastik di Tengah Pegunungan Tasikmalaya

Minggu, 25 November 2018 12:23 Reporter : Ahda Bayhaqi
Hasto Geram Ada Pohon Plastik di Tengah Pegunungan Tasikmalaya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyoroti pembelian pohon plastik oleh Pemkab Tasikmalaya. Hasto menyebut duit APBD yang dihamburkan mencapai Rp 1,27 miliar.

"Kenapa harus beli pohon plastik di alam raya Jawa Barat yang begitu hijau ini," kata Hasto dalam rapat konsolidasi partai berlambang banteng moncong putih di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (24/11) malam.

Padahal Jawa Barat, khususnya Tasikmalaya ini terbentang pegunungan. Dia menyayangkan harus ada pohon plastik yang Pemprov DKI Jakarta pernah canangkan namun dibatalkan.

"Ketimbang memasang pohon plastik, mending kita merawat lingkungan ini dengan sebaik-baiknya," kata Hasto.

Hasto menyampaikan pesan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang juga Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia. Mega berpesan agar setiap kader menjalankan politik hijau

"Agar setiap kader di PAC, ranting dan anak ranting menanam pohon demi kelestarian lingkungan kita bersama," ucap Hasto.

Hasto pun bercerita bagaimana Bung Karno begitu mengagumi alam Jawa Barat yang hijau dan terbentang pegunungan. Dia ingat bagaimana sang proklamator rajin mengajak anak-anaknya menikmati tanah Pasundan.

"Dulu kalau pagi rakyat Jabar bersih-besih menyapu, menyiram pohon-pohon di halaman, kerja bakti membersihkan sungai. Kemana sekarang tradisi ini?" kata Hasto.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf ini mengingatkan para kader untuk turun ke masyarakat dan memperhatikan lingkungan hidup. Dalam politik lingkungan itu, Hasto mengajak untuk mengurangi plastik. Salah satunya mengurangi penggunaan minuman plastik.

"Kalau perlu bawa gelas sendiri-sendiri, kan nikmat," pinta Hasto. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini