Gerindra buka peluang ikut poros partai Islam di 2019

Selasa, 6 Maret 2018 17:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gerindra buka peluang ikut poros partai Islam di 2019 Ahmad Riza Patria. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - PKB membuka peluang membentuk koalisi partai-partai Islam bersama PAN dan PKS. Melihat hal ini, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menilai niat membentuk poros baru itu tidak berarti akan terbuka tiga poros.

Riza menilai Gerindra berpeluang untuk ikut dalam koalisi partai Islam tersebut. Karena itu, terbuka peluang bagi mereka membentuk koalisi bersama PKB, PAN, dan PKS.

"Poros Islam itu hanya istilah saja. Apa Partai Gerindra tidak religius? Partai Gerindra partai nasionalis religius. Selama ini partai Gerindra bisa berkoalisi dengan PAN, PKS, PPP dengan PBB, kan partai Islam semua, dengan Golkar juga di Pilpres 2019," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (6/3).

Dia melihat pembentukan koalisi tersebut untuk mendirikan poros yang tak ikut dengan Joko Widodo. Sehingga ada kemungkinan terjadi dua poros pada 2019.

Riza menilai akan terbuka peluang poros itu melebar dengan mengajak Demokrat yang saat ini belum menentukan sikap. "Jadi yang dimaksud dengan koalisi artinya ingin membentuk satu poros, poros itu bisa jadi poros kedua, bisa jadi PAN, PKB, PKS bersama Gerindra jadi empat kursi atau mungkin lima partai tambah Demokrat," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Partai basis Islam bentuk poros ketiga, Gerindra ibaratkan Pilgub DKI 2017
Gerindra buka peluang Anies Baswedan maju dampingi Prabowo di 2019
Undang-Undang melarang Jokowi borong dukungan partai di Pilpres 2019
Fadli Zon soal Prabowo: Enggak ada itu akan jadi king maker atau cawapres
Sekjen Gerindra: Pertemuan Jokowi dan PSI di Istana timbulkan sangkaan buruk

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini