Erick Thohir Sebut Penembakan di Papua Tak Ganggu Kampanye Jokowi

Jumat, 7 Desember 2018 18:08 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Erick Thohir Sebut Penembakan di Papua Tak Ganggu Kampanye Jokowi Erick Thohir. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari

Merdeka.com - Ketua TKN Joko Widodo ( Jokowi)- Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengklaim insiden penembakan 31 pekerja PT Isaka Karya di Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Papua tidak berpengaruh kepada kampanye Jokowi-Ma'ruf.

"Saya rasa apa pengaruhnya? (Re: kampanye Jokowi-Ma'ruf)" katanya di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (7/12).

Kemudian dia menjelaskan Jokowi sudah tegas akan terus membangun Papua. Erick menjelaskan, Jokowi akan menindak tegas siapa saja yang akan menghancurkan Indonesia, baik dari segi Pancasila maupun pembangunan.

Kemudian Erick juga yakin, kepolisian dan TNI akan bertindak tegas. "Ya sudah selayaknya, ya ditindak lanjuti, dan saya rasa TNI kita bagus, ya Polri kita bagus," ungkapnya.

Sebelumnya, calon wakil Presiden Ma'ruf Amin pun mengatakan jika menjadi wapres akan mengutamakan dialog. Tetapi harus ada batasan sesuai kedaulatan NKRI.

Pria paruh baya yang masih menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menuturkan, jika memang ada kekurangan dalam otonomi khusus, wajar didialogkan. Sepanjang legitimatifnya masih atas nama NKRI.

"Saya kira dialog itu selalu terbuka untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Dan tentu ada batasan-batasannya dalam kerangka NKRI. NKRI itu harga mati," ungkap Ma'ruf.

Dia pun meminta, aksi penembakan dan pembunuhan tersebut, jangan membuat Pemerintah Indonesia menghentikan pembangunan di sana. Harus jalan terus, karena penting bagi rakyat di bumi Cendrawasih itu.

"Pembangunan harus jalan terus. Pemerintah harus melanjutkan pembangunan, karena itu penting bagi rakyat Papua dan dalam rangka pemberantasan atau pemerataan fasilitas kepada masyarakat. Dan juga untuk menghilangkan kesenjangan disparitas antara daerah, terutama daerah di Papua," jelas Ma'ruf.

Dia menjelaskan, apa yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekarang sudah sesuai jalurnya. Terlebih sebagaimana visi-misinya untuk membangun dari luar. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini