Di Depan Luhut, Forum Ulama dan Santri se-Bandung Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kamis, 31 Januari 2019 00:09 Reporter : Aksara Bebey
Di Depan Luhut, Forum Ulama dan Santri se-Bandung Dukung Jokowi-Ma'ruf Fokus se-Kota Bandung dukung Jokowi-Maruf. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin mendapatkan dukungan dari masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ulama dan Santri (Fokus) se-Kota Bandung. Di saat bersamaan, relawan lain menyatakan dukungan serupa dan berkomitmen di hadapan Luhut Binsar Pandjaitan.

Salah satu penggagas forum, Sofyan Yahya menyebut dukungan dari Fokus untuk Jokowi-Maruf Amin ditetapkan setelah melalui pembahasan selama satu hari. Pembahasan itu pun dilakukan bersama organisasi masyarakat bernama Sahabat Rakyat Indonesia (SRI).

"Setelah menelaah secara mendalam, kami memutuskan mendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin untuk memimpin Indonesia 2019–2024," katanya di Pondok Pesantren Cijawura Kota Bandung, Rabu (30/1).

Dia menyatakan kriteria yang menjadi pertimbangan adalah adil, memiliki kemampuan dan pengalaman untuk menentukan keputusan hukum yang tepat. Kemudian memiliki jiwa dan mental yang stabil, bijaksana dalam melihat persoalan juga bisa menjaga keutuhan negara.

"Ada beberapa faktor dan kriteria yang menjadi pertimbangan. Dan akhirnya kami menentukan pilihan," ucapnya.

Sementara itu, Tim Sahabat Rakyat Indonesia Haeruddin Nurman menambahkan dukungan tersebut membuktikan bahwa Jokowi tidak anti ulama seperti yang kerap dihembuskan lawan politiknya.

Terpisah, sejumlah komunitas masyarakat dari berbagai elemen menyampaikan langsung komitmen mendukung Jokowi di hadapan Dewan Pembina Cakra 19 Luhut.

Hal itu disampaikan usai Luhut yang juga Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman mengunjungi Jabar Solihin Gautama Purwanegara (Solihin GP) di Jalan Cisitu, Kota Bandung, Rabu.

Ketua Pejuang Hejo (komunitas pemerhati lingkungan) Ateng Subrata menyatakan, pihaknya akan tetap konsisten mendukung Jokowi sudah bergerak sejak tahun 2014. Alasannya, Jokowi dinilai peduli terhadap lingkungan.

"Rp 600 miliar dari pusat (untuk Citarum). Ini menunjukkan Presiden sangat peduli lingkungan. Tapi kami ingin ada pos komando (posko) khusus bagi relawan Jokowi untuk memperkuat koordinasi di antara sesama relawan di Jabar," terangnya," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Perempuan Tangguh Memilih Jokowi (Pertiwi) Diah Puspitasari pun menyatakan pihaknya sudah bergerak menyosialisasikan Jokowi-Ma'ruf di Jabar. Salah satu caranya dengan pelatihan-pelatihan dan pemberdayaan ekonomi untuk warga kurang beruntung.

Menanggapi hal tersebut, Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi dukungan dari lapisan masyarakat. Meski begitu, ia meminta para relawan tidak melakukan cara-cara negatif dalam mengkampanyekan Jokowi, seoerti menyebar berita bohong.

Ia pun siap memberikan dukungan bagi relawan untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Jabar, seperti menyiapkan tambahan APK untuk mendongkrak elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Saya kira secara bertahap kebutuhan APK akan terpenuhi," pungkasnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini