Amien Rais: Prabowo Terlalu Santun, Ma'ruf Hampir Tak Berperan di Debat

Kamis, 17 Januari 2019 23:24 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Amien Rais: Prabowo Terlalu Santun, Ma'ruf Hampir Tak Berperan di Debat Amin Rais di KPK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut capres Prabowo Subianto berdebat terlalu santun. Menurutnya, Prabowo tak sama sekali menyerang rivalnya Jokowi secara gamblang di debat capres perdana.

"Pak Prabowo terlalu santun sama sekali tak mau nyerang balik, itu mungkin juga ada hikmahnya," kata Amien di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam.

Amien juga menyoroti cawapres Ma'ruf Amin yang tak banyak bicara. Menurutnya, Ma'ruf tak ada peran signifikan menguasai debat.

"Saya lihat memang ada yang menonjol. Yang menonjol itu hampir tak ada peran kiai Ma'ruf Amin, saya melihat seperti itu," ucapnya.

Amien juga mengomentari tentang serangan hoaks Ratna Sarumpaet yang digunakan oleh Jokowi kepada Prabowo. Menurutnya, ucapan Jokowi tak sebanding dengan perbuatannya. Justru dia menyinggung Jokowi adalah pelindung koruptor.

"Kalau mau jujur itu loh ya Pak Jokowi itu petugas partai, jadi buat apa kita percaya sama dia. Sehingga semua koruptor asal dari PDIP pasti lolos. Karena dilindungi.
Mana ada PDIP masuk ke KPK, semua masuk safety boks itu," ucapnya.

"Nah jadi sesungguhnya (Prabowo) ini memang mengalah betul. Nanti akan saya kasih tahu caranya supaya debat seimbang," ujar Amien.

Dirinya berharap, di segmen selanjutnya kualitas perdebatan makin menonjol. "Saya yakin nanti mutunya lebih bagus lagi. Ibarat orang bertanding ini masih ronde pertama, masih ada empat ronde lagi," tandasnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini