Airlangga Disarankan Pilih Jabatan Menteri atau Ketum Partai

Senin, 11 November 2019 18:48 Reporter : Eko Prasetya
Airlangga Disarankan Pilih Jabatan Menteri atau Ketum Partai Rapat Pleno Partai Golkar. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ini merangkap jabatan juga menjadi Menko Perekonomian. Airlangga pun disarankan untuk memilih salah satu jabatan saja.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit menilai Airlangga harus memilih, ingin jadi ketua partai atau menteri.

"Jadi ketua atau jadi menteri. Kalau saya jadi dia, ya pilih jadi menteri. Nanti kan munas berikutnya dia bisa maju lagi," kata Arbi di Jakarta, Selasa (11/11).

Menurut dia, rangkap jabatan kaitannya dengan kinerja memang bisa mengganggu, juga bisa saja tidak. Tetapi, kata dia, yang pasti itu melanggar moral politik.

"Jadi kalau itu tetap dipertahankan (rangkap jabatan menteri dan ketum partai) Golkar sekarang tidak beda dengan era Orba, borong jabatan. Dia harus bagi-bagi lah sama temannya. Jadi dia membuktikan leadership sebagai orang yang Arif. Tidak hanya kepentingan dia yang dipikir tetapi kepentingan orang lain juga dilayani. Kalau dia memaksakan ya tidak Arif. Itu otoriter jadinya," katanya.

1 dari 1 halaman

Harus Beri Peluang yang Lain

Airlangga, kata dia, harus memberi ruang peluang mempersiapkan pemimpin di Golkar. "Jadi mematikan langkah orang Golkar yang lain," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, jika memilih salah satu, Airlangga tak langgar etika demokrasi. Menurutnya, Airlangga harus memberikan contoh kepada masyarakat.

"Dia tidak jadi orang Golkar serakah. Itu yang penting. Moral politik itu yang penting. Harus memberikan contoh elite kepada rakyatnya sendiri," tuturnya. [eko]

Baca juga:
Kubu Airlangga Sindir Bamsoet: Mirip Syahrini 'Maju Mundur Cantik'
Kubu Airlangga Sebut Aklamasi Bisa Terjadi di Munas Golkar
Jokowi Puji Airlangga Disebut Berdasarkan Data Akurat dan Obyektif
Bamsoet: Saya Belum Putuskan Maju atau Tidak di Munas Golkar
Pujian Jokowi untuk Airlangga Disebut Berdasarkan Fakta dan Data

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini