Wabah Cacar Monyet, Menkes Belum Terbitkan Rekomendasi Larangan ke Singapura

Selasa, 14 Mei 2019 17:26 Reporter : Sania Mashabi
Wabah Cacar Monyet, Menkes Belum Terbitkan Rekomendasi Larangan ke Singapura Menkes konpers terkait BPJS Kesehatan. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek belum berencana melarang Warga Negara Indonesia untuk berangkat angkat bicara terkait munculnya wabah virus cacar monyet yang marak belakangan ini. Sebab, kata dia, untuk melakukan pelarangan perlu dikoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

"Belum ya, nanti kita lihat, travel warning ini biasanya Kementerian Luar Negeri, seberapa beratnya dulu. Kami juga belum jelas, begitu banyak misalnya seluruh endemi di Singapura tentu kita larang, tapi misalnya di Singapura saya kira kita," kata Nila di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5).

Meski begitu Nila tetap mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan. Serta tidak berkontakan langsung dengan primata atau tikus dan tupai.

"Jangan sampe dicakar, siapa tau dia mengandung juga mengalami virus, jadi kamu mesti pegang pakai sarung tangan, atau apa dan sebagainya," ungkapnya.

Selain itu, menjaga daya tahan tubuh juga penting untuk mencegah terjangkitnya cacar monyet. Kemudian terus sadar untuk menjaga kesehatan.

"Jadi mbok ya kita sehat-sehat gitu, jadi kalau ada penyakit kita tidak bisa kena. Beban kerja juga termasuk," ucapnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini