Usai Dilantik, Gubernur Abdul Gani Minta Jokowi Bangun Jalan Tol di Maluku Utara

Jumat, 10 Mei 2019 19:09 Reporter : Merdeka
Usai Dilantik, Gubernur Abdul Gani Minta Jokowi Bangun Jalan Tol di Maluku Utara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widowo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara masa jabatan 2019-2024 Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin. Usai dilantik, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani meminta agar Presiden Jokowi membangun jalan tol di daerahnya.

"Dari ibu kota provinsi (Ternate) sampai ke Bandara Maluku Utara, InsyaaAllah akan kita lanjutkan pembangunannya. Saya minta langsung ke presiden agar ada jalan bebas hambatan antara ibu kota dan bandara," ujar Abdul Gani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/5).

Menurut dia, jarak dari Ternate ke bandara Maluku Utara kurang lebih 100 kilometer. Dia meyakini dengan dibangunnya jalan tol, maka akan mempersingkat waktu tempuh ke Bandara.

"Kurang lebih 100 kilometer dengan jalan bebas hambatan bisa kita tempuh dalam 45 menit," kata dia.

Selain itu, Abdul Gani juga berjanji akan membangun infrastruktur yang belum selesai, seperti jalan lingkar Halmahera. Hal ini sesuai instruksi Presiden Jokowi yang meminta kepala daerah menyambung infrastruktur.

"Kita belum selesai masalah seperti jalan, lingkar halmahera, sekitar kabupaten/kota, beberapa pulau juga belum selesai. Mudah-mudahan periode presiden kali ini juga saya dan wakil bisa melanjutkan proyek tersebut," tuturnya.

"Di samping program pendidikan, perguruan tinggi, SDM yang harus kita prioritaskan. Kami juga punya sumber di sana, pariwisata, yg luar biasa tinggal kita kembangkan," sambung Abdul Gani.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/5).

Pelantikan Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 38/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2019-2024.

Abdul Gani-Al Yasin merupakan pasangan Gubernur dan Wagub hasil Pilkada 2018. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Malut 2018.

Abdul Gani-Al Yasin unggul dari pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar. Dalam Pilgub Malut 2018, Abdul Gani-Al Yasin yang diusung PDIP dan PKPI itu mendapat 176.669 suara.

Sementara itu, rivalnya, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar yang diusung Golkar dan PPP meraih 175.749.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini