Tokoh Konghucu hadiahkan Alquran sulaman tangan terbesar di dunia untuk RI

Rabu, 11 Juli 2018 19:23 Reporter : Supriatin
Tokoh Konghucu hadiahkan Alquran sulaman tangan terbesar di dunia untuk RI Sri Tan menyerahkan Alquran sulaman kepada Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin Supriatin

Merdeka.com - Seorang pengusaha Malaysia yang juga tokoh Konghucu, Tan Sri Lee Kim Yew memberikan Alquran sulaman tangan terbesar di dunia untuk umat Islam di Indonesia. Alquran sulaman tersebut diserahkan langsung oleh Tan Sri kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/7).

Jokowi mengatakan, pemberian Alquran sulaman tangan ini merupakan apresiasi kepada Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia.

"Ini saya melihatnya sebagai apresiasi dan penghargaan kita dengan penduduk muslim terbesar," ujar Jokowi.

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan kerja Sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin menjelaskan, Alquran sulaman dikerjakan oleh 40 orang ahli terbaik dunia di Provinsi Otonomi Khusus Muslim di China, Ninxia, selama 3 tahun. Pembuatan Alquran ini menghabiskan ongkos yang sangat mahal.

Din menyebut, Alquran sulaman terdiri dari 30 gulungan besar sepanjang 17 meter dan berisi 30 juz. Tan Sri menyimpannya di dua peti kayu pilihan yang tidak bisa dimasuki semut atau serangga.

"Alquran sulaman ini dibuat di atas kain yang indah. Sulaman ini berbahan campuran satin dan 50% sutera," ujar Din.

Din mengatakan, semula Tan Sri hendak menyerahkan Alquran sulaman tangan terbesar di dunia kepada seluruh umat Muslim dunia melalui Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. Namun, Din membujuk Tan Sri agar Alquran tersebut diserahkan melalui Presiden Jokowi saja. Saat itu, Din dan Tan Sri bertemu di Kuala Lumpur, Malaysia.

"(Saya bilang) Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan beliau sepakat (menyerahkan Alquran sulaman tangan terbesar di dunia melalui Jokowi)," ucap dia.

Menurut Din, Alquran sulaman ini sudah dicek keakuratannya oleh para ahli. Sehingga keaslian dan kemurnian Alqurannya tidak diragukan lagi. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini