Tingkatkan pendapatan petani, ASN di Sumsel dapat jatah 20 kg beras perbulan

Selasa, 6 November 2018 03:01 Reporter : Irwanto
Tingkatkan pendapatan petani, ASN di Sumsel dapat jatah 20 kg beras perbulan Ilustrasi beras. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bakal menerima insentif beras setiap bulan. Program itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani lokal dengan membeli langsung hasil produksinya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, rencana program ini sebagai realisasi janji kampanye untuk membangun daerah berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung sektor pertanian, industri, dan UMKM. Ditargetkan, program ini akan bergulir mulai tahun depan.

"Bakal ada insentif beras bagi pegawai kita, tujuannya untuk mensejahterakan pegawai dan meningkatkan pendapatan petani," ungkap Deru, Senin (5/11).

Menurut dia, insentif itu diberikan kepada pegawai yang berstatus ASN maupun honorer. Besarannya 20 kilogram (kg) bagi pegawai yang sudah berkeluarga dan 10 kg bagi pegawai lajang setiap bulan.

Berdasarkan data, ASN di lingkungan Pemprov Sumsel tercatat sebanyak 15.329 orang dengan rincian 11.267 sudah berkeluarga dan 4.062 lajang, serta 2.074 honorer.

"Semuanya dapat, tinggal kita koordinasikan dengan OPD (organisasi perangkat daerah) masing-masing," ujarnya.

Dia menambahkan, program ini pernah digulirkan saat dirinya menjabat Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) beberapa tahun lalu. Tujuannya adalah meningkatkan gairah petani karena penyerapan beras yang tinggi.

"Nanti kita kerjasama dengan Bulog untuk menyerap beras petani, harganya jelas menguntungkan petani," katanya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. PNS
  2. Beras
  3. Pertanian
  4. Palembang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini