Tanggul Jebol di Bekasi Ditangani Secara Darurat

Selasa, 2 April 2019 02:34 Reporter : Adi Nugroho
Tanggul Jebol di Bekasi Ditangani Secara Darurat Tanggung Jebol di Bekasi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan perbaikan tanggul jebol di Perjmahan Cahaya Kemang Permai, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi secara darurat menggunakan karung berisi pasir atau sandbag.

Anggota Satuan Operasi dan Pemeliharaan III BBWSCC, Iwan Aditya mengatakan, sebanyak 500 sandbag dipasang pada titik tanggul jebol sepanjang 15 meter dengan ketinggian 1,5 meter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika debit Kali Cakung kembali naik.

"Jadi ini penanganan sementara agar ketika hujan air tidak tumpah ke pemukiman warga," kata Aditya di sela meninjau lokasi tanggul jebol di Bekasi, Senin (1/4).

Tanggul di Perumahan Cahaya Kemang Permai jebol ketika curah hujan tinggi pada Minggu (31/3) kemarin selama tiga jam. Tanggul yang terbuat dari pasangan batu bata diplester tak kuat menahan beban air ketika debit Kali Cakung meningkat signifikan.

Alhasil, ratusan rumah penduduk di perumahan tersebut terendam banjir. Bahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi mencatat banjir akibat tanggul jebol meluas sampai ke perumahan di sekitarnya. Ketinggian air mulai dari 70-100 centimeter.

"Kami akan melakukan perbaikan secara permanen setelah curah hujan menurun," ujar dia.

Berdasarkan catatan merdeka.com, tanggul jebol di Perumahan Cahaya Kemang Permai ini merupakan kali keduanya. Sebelumnya, di titik berbeda juga jebol dengan dimensi sama. Penyebabnya, tekanan air yang kuat, sementara tanggul yang ada konstruksinya tidak disertai besi. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini