Tahun Baru Islam, ribuan narapidana Rutan Tangerang mengaji berjemaah

Selasa, 11 September 2018 21:33 Reporter : Kirom
Tahun Baru Islam, ribuan narapidana Rutan Tangerang mengaji berjemaah Napi Tangerang baca Alquran. ©2018 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Semarakan peringatan Tahun Baru Islam, ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) klas I Tangerang menggelar Qiroatul Quran berjemaah. Acara itu sekaligus mendeklarasikan WBP bebas buta Alquran.

Mengaji Alquran berjemaah itu diikuti sedikitnya 1.900 WBP yang sudah fasih dan masih belajar membaca. Kepala Rutan Klas I Tangerang, Dedy Cahyadi menerangkan, kegiatan yang menjadi instruksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan ini dilakukan secara serempak di seluruh Rutan dan Lapas se Indonesia.

"Semarak Tahun Baru Islam ini, kami menggelar doa dan Qiroatul Quran berjemaah, kegiatan ini sekaligus mendeklarasikan rutan Klas I Tangerang bebas buta huruf Alquran," kata dia Selasa (11/9).

Selain itu, Qiroatul Quran berjemaah ini juga bagian dari implementasi pendidikan spiritual dan intelektual WBP yang tersandung berbagai persoalan hukum. Agar kelak, WBP bisa berbuat lebih baik setelah kembali ke masyarakat.

"Program ini juga menjadi bagian implementasi program Nawacita yang bertujuan menghasilkan warga binaan yang berakhlak dan beriman. Sehingga setelah mereka kembali ke masyarakat menjadi manusia lebih baik," ungkapnya.

Solihin, seorang WBP Rutan Klas I Tangerang menargetkan dirinya bisa rutin mengkhatamkan bacaan Alquran-nya. Minimal dua bulan sekali.

Selain mengintensifkan bacaan Alquran, dia juga kerap mengajarkan WBP lain yang ingin mengenal huruf Alquran.

"Sebenarnya kegiatan di sini sangat banyak, kalau waktu salat dan hari Jumat saya lebih fokus baca Alquran, Alhamdulillah teman-teman lain yang ingin mengenal bisa saya bantu ajarkan sedikit," ucap dia.

Sementara satu narapidana kasus narkotika pun, AS (25) berharap, pada tahun baru Islam ini ia dapat memperbaiki dirinya dengan bimbingan di dalam Rutan baik itu secara keagamaan atau kepribadian.

"Saya tentunya ingin menjadi lebih baik di tahun baru Islam ini dan beberapa pencapaian perubahan seperti, ingin lancar membaca Alquran," katanya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Tahun Baru Islam
  2. Tangerang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini