Sudah Sepekan Banjir Rob Kepung Kawasan Muara Gembong Bekasi

Kamis, 29 November 2018 19:05 Reporter : Adi Nugroho
Sudah Sepekan Banjir Rob Kepung Kawasan Muara Gembong Bekasi Banjir Muara Gembong Bekasi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah wilayah di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi terendam banjir rob sejak sepekan terakhir. Banjir di sana sulit surut karena bersamaan dengan debit sungai Citarum meningkat.

"Sekarang sudah mulai surut, awal-awal sampai selutut banjirnya," kata Hendar, warga di Desa Pantaimekar pada Kamis (29/11).

Hendar mengatakan, meski ada banjir rob warga tak ada yang mengungsi karena sudah terbiasa. Menurut dia, banjir rob diprediksi bakar terus terjadi mengingat musim hujan telah tiba yang berdampak pada debit sungai Citarum.

"Kalau musim kemarau debit sungai kecil, jadi air rob masuk ke sungai semua," ujar dia.

Camat Muara Gembong, Junaefi mengatakan wilayah langganan terdampak banjir rob berada di Desa Pantai Bahagia dan Pantaimekar. Meski demikian, kata dia, banjir tak menggangu aktivitas warga yang mayoritas sebagai nelayan.

"Karena mereka sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini," ujar dia.

Meski demikian, pemerintah tak tinggal diam. Menurut dia, selama ini bekerja sama dengan pihak ketiga untuk merehabilitasi kerusakan hutan mangrove pencegah abrasi akibat banjir.

"Kami juga berharap Gubernur Jawa Barat segera merealisasikan janjinya merehabilitas total wilayah terdampak rob," ujar dia. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Musim Hujan
  3. Banjir Bekasi
  4. Bekasi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini