Stok Vaksin Covid-19 di Medan Tinggal 20 Ribuan Dosis

Sabtu, 21 Agustus 2021 06:47 Reporter : Merdeka
Stok Vaksin Covid-19 di Medan Tinggal 20 Ribuan Dosis Kepala BNPB dan Wali Kota Medan Bobby Nasution Tinjau Gedung P4TK. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan stok vaksin Covid-19 di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Medan, Sumut, pekan ini tinggal sekitar 20 ribuan dosis.

"Jadi kalau kita suntikkan semua, maka dalam sehari saja sudah habis," kata Bobby di Medan, Jumat (21/8) seperti dikutip dari Antara.

Padahal, lanjut dia, Pemkot Medan telah menargetkan bisa melakukan vaksinasi mencapai 16.000 orang dari sebelumnya 10.000 orang per hari.

Hal ini, ujarnya, menjadi kendala program vaksinasi akibat minimnya persediaan vaksin yang masuk ke Ibukota Provinsi Sumut itu hingga kini.

Bobby menyebt penyebab menipisnya stok vaksin karena selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagian besar vaksinasi Covid-19 difokuskan ke Pulau Jawa dan Bali.

"Tapi vaksinasi dosis pertama di Kota Medan telah mencapai 22,36 persen, sedangkan dosis kedua baru sekitar 15 hingga 16 persen," jelas Bobby.

Wali Kota juga mengatakan Pemkot Medan sudah mengikuti arahan dari Presiden Jokowi dalam penanganan Covid-19, di antaranya pembatasan mobilitas, melakukan testing dan tracing.

"Mengoptimalkan lokasi isolasi terpusat, dan program vaksinasi Covid-19. Pemkot terus berusaha melaksanakan empat hal tersebut," tegas Wali Kota.

Bobby juga menyebut ribuan warga menjalani tes cepat antigen per hari untuk mendeteksi Covid-19 dari masyarakat yang kontak erat dengan warga terpapar.

"Apabila dari hasil testing (pengujian) positif reaktif, maka yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di tempat isolasi terpusat," ujarnya.

Ia menerangkan, tempat isolasi terpusat milik Pemkot Medan yakni eks Hotel Soechi serta Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Medan Helvetia.

Selain pengujian, ujar dia, sebelumnya dilakukan tracing atau pelacakan terhadap warga terkonfirmasi positif Covid-19 guna mengeluarkan Kota Medan dari zona merah.

Laporan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Medan, Jumat, menyebut total pasien terkonfirmasi Covid-19 tercatat 39.066 orang atau naik 685 orang dibanding Kamis (19/8).

Di antaranya 28.049 sembuh yang terjadi penambahan 716 orang, 10.236 dirawat, dan 781 meninggal dunia atau bertambah enam orang.

"Tracing dan testing dilakukan di seluruh kelurahan dengan mengerahkan 160 petugas medis dari 41 puskesmas dan 39 puskesmas pembantu di Kota Medan," kata Bobby. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini