Sosok Pemimpin JAD Bekasi di Mata Tetangga

Jumat, 10 Mei 2019 16:59 Reporter : Adi Nugroho
Sosok Pemimpin JAD Bekasi di Mata Tetangga Garis polisi. Liputan6

Merdeka.com - Aparat Densus 88 Antiteror Polri menangkap Eky Yudistira alias Rafli. Penangkapan ini membuat warga di Kavling Barokah, RT 07 RW 14, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi tempat tinggal Eky geger.

"Kaget aja, tidak menyangka tiba-tiba ditangkap sama Densus," ujar Anto Wijaya, petugas keamanan di permukiman di sana, Jumat (10/5).

Ia menyebut kalau Eky jarang berada di rumah. Jika pun ada, menurut dia, EY lebih cenderung berada di dalam rumah. "Baru keluar kalau dipanggil," ujar Anto.

Berdasarkan laporan kepada pengurus RT, EY tinggal mengontrak sejak delapan bulan silam. Keluarga EY, kata dia, memiliki beberapa usaha yang tersebar di sejumlah tempat.

"Kalau tidak pulang bilangnya jaga toko, karena yang jaga pulang," ujar Anto.

Anto yang selalu keliling lingkungan tak pernah mendapati EY kedatangan tamu. Karena itu, tak pernah ada orang asing masuk sampai lari apalagi menginap di sana.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menyebut Eky adalah pimpinan Jamaah Ansharut Daulah Bekasi. Dia merupakan mentor sejumlah pelaku teroris yang ditangkap sebelumnya di Babelan, Jatiasih, dan Lampung.

Dalam penggeledahan di gerai ponsel milik Eky di Jalan KH. Muchtar Tabrani, Kecamatan Bekasi Utara, Densus 88 Antiteror menemukan dua bom pipa, pupuk boster lengkeng, cairan HCL di dalam botol, serbuk putih, dan beberapa cairan lainnya. Bom itu disebut berdaya ledak tinggi. [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini