Situ Kamojing Mengering, Disulap Jadi Lahan Pertanian

Senin, 8 Juli 2019 23:05 Reporter : Bram Salam
Situ Kamojing Mengering, Disulap Jadi Lahan Pertanian Warga di Karawang Alihfungsikan Situ Jadi Areal Sawah. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kemarau, Warga di Karawang Alihfungsikan Situ Jadi Area Sawah

Dampak kemarau yang melanda wilayah Karawang membuat Situ Kamojing yang terletak di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Karawang, mengering. Danau buatan seluas 62.765 Hektar itu semula merupakan sumber pengairan pertanian di wilayah Cikampek dan beberapa kecamatan lain di timur Karawang.

Seiring musim kemarau dan kondisinya yang mengering, warga menyulap atau mengalihfungsikan danau itu menjadi lahan untuk bercocok tanam.

"Setiap musim kemarau panjang, Situ Kamojing memang selalu mengering, karena tidak ada air yang mengalir ke situ sedangkan pada musim hujan, airnya cukup melimpah," kata warga setempat, Mahfudin (50), Senin (8/7).

Mahfudin menjelaskan, biasanya jenis yang ditanam seperti palawija, sayuran serta yang utama adalah padi.

"Warga sekitar pasti menanam padi, sebagai tanaman utama untuk memanfaatkan lahan yang ada," jelasnya.

Air Situ Kamojing mengering sejak tiga bulan terakhir. Sehingga keberadaan situ kini telah beralihfungsi menjadi lahan persawahan dan kebun.

"Masing-masing penggarap sudah mengklaim dengan cara membuat petakan," ujar Mahfudin.

Kekeringan yang terjadi di Situ Kamojing Karawang, dikarenakan sejumlah sungai yang menjadi pemasok air kondisinya saat ini sudah mengering, antara lain Sungai Cikaranggelam, Sungai Cileundi, dan Sungai Gandasoli. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini