Serpihan busi bisa pecahkan kaca mobil, ini jawabannya

Rabu, 2 Desember 2015 11:27 Reporter : Muchlisa Choiriah
Serpihan busi bisa pecahkan kaca mobil, ini jawabannya Pecahkan kaca dengan busi. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Keramik busi atau insulator berwarna putih ini diketahui menjadi salah satu bagian utama, selain katoda dan anoda. Dan ternyata di Negara bagian di Amerika, keramik masuk dalam kategori senjata perampokan dengan sebutan Ninja Rocks karena utilitas yang ketika membentur tidak berisik, tapi mematikan (kaca pecah) sejak 2003.

"Istilah kerennya aluminium oxide ceramic yang memiliki identitas tinggi," sebut Agus Tan, GM sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia, seperti dikutip dari kaskus.co.id oleh merdeka.com, Rabu (2/12).

Diketahui aluminium oxide ceramic mempunyai tingkat kekerasan yang disebut Skala Mohs (penemunya seorang Ilmuwan Jerman Friedrich Mohs pada 1812) 9 atau setingkat di bawah intan (10 Mohs scale). Sementara kaca mobil yang berasal dari batu kwarsa punya tingkat kekerasan 6,5 skala Mohs, masih di atas besi atau platinum yang hanya 4,5. Itulah yang menyebabkan kaca tak mudah pecah kala dilempar dengan benda tersebut.

Sebelumnya, seorang pencuri berusaha mengambil barang berharga yang ada di dalam mobil yang sedang terparkir di Semarang, Jawa Tengah. Tak perlu golok atau barang tajam lainnya, dia hanya menggunakan pecahan busi.

Ya, pecahan busi itu dilempar ke kaca mobil tersebut. Apa yang terjadi? Kaca langsung pecah hanya dalam hitungan detik. Atas perbuatannya, pria ini pun diciduk Ditreskrimum Polda Jawa Tengah (Jateng). [did]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pencurian
  3. Video Viral
  4. Curanmor
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini