Seorang Warga Ancam Pemilih Pilkades di Garut Pakai Golok

Selasa, 5 November 2019 20:06 Reporter : Mochammad Iqbal
Seorang Warga Ancam Pemilih Pilkades di Garut Pakai Golok Ilustrasi Pilkada. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut mengamankan seorang warga berinisial TI karena mengancam warga menggunakan sebilah golok. TI sendiri sebelum diamankan diketahui memaksa warga agar memilih jagoannya dalam Pilkades serentak Kabupaten Garut, di Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng menyebut, awalnya TI mendatangi salah seorang warga bernama Zey untuk menanyakan warga lainnya bernama Aman.

"TI ini mengatakan bahwa warga harus memilih calon kepala desa yang dijagokannya sambil menghunuskan golok. Apabila tidak memilih maka akan dibunuh. Ancamannya seperti itu," ujarnya, Selasa (5/11).

Saat melakukan ancaman sambil menghunuskan golok, Maradona menyebut bahwa TI sedang ada di bawah pengaruh alkohol. Karena terlihat sedang mabuk, warga yang diancam pun langsung berusaha mengambil golok yang dipegang TI dan beberapa di antaranya ada yang memukuli.

Petugas dari Polsek dan Koramil Samarang yang mengetahui adanya kejadian tersebut langsung mengamankan TI dari amukan massa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"TI langsung dibawa ke Mapolres Garut agar tidak terjadi aksi massa lebih jauh. Saat dibawa ke Mapolres, dia dikawal anggota Polsek dan Koramil Samarang," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, TI diketahui bukan warga Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, melainkan berasal dari Kecamatan Tarogong Kaler. "Kita masih terus melakukan pendalaman terkait aksi yang dilakukan TI ini," ucapnya.

Selain mengamankan TI, Maradona menyebut bahwa pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya yaitu sebilah golok, sepeda motor, dan gawai milik TI.

"Situasi saat ini Alhamdulillah aman dan terkendali. Namun meski demikian kita terus memantau perkembangan dan melalui Polsek Samarang memberikan imbauan kepada warga agar proses Pilkades berjalan lancar dan aman," tutupnya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Pilkades
  2. Garut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini