Selama Pandemi Covid-19, Permintaan Sertifikat Halal MUI Meningkat

Jumat, 21 Mei 2021 08:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Selama Pandemi Covid-19, Permintaan Sertifikat Halal MUI Meningkat MUI. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan, terjadi peningkatan permintaan sertifikasi halal untuk produk dan perusahaan. Hal tersebut disampaikan Muti saat bertemu Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kami punya data dari 2018 sampai Mei tanggal 1, di sini bisa kita lihat bahwa jumlah produk bersertifikasi halal di MUI Pusat, 2020 dengan kondisi pandemi ternyata Alhamdulillah jumlahnya masih tetap naik," katanya dikutip dalam keterangan pers, Jumat (21/5).

Sementara itu, dia menyampaikan bahwa per 1 Mei 2021 jumlah produk yang bersertifikasi halal sudah mencapai 1.066. Angka tersebut setengah dari kumulatif 2020.

"Jika pada 2021 peningkatannya sama seperti 2020, maka jumlah produk halal yang disertifikasi akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Yang berinisiatif untuk mendaftar (sertifikasi produk halal) tetap," ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Akreditasi Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang juga merupakan Sekretaris KAN, Donny Purnomo melaporkan, pihaknya saat ini sedang aktif bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Salah satunya untuk menyusun persyaratan akreditasi dan sertifikasi produk halal.

"Persyaratan tersebut diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat sehingga Peraturan Pemerintah sebagai turunan dari Undang-Undang sertifikat terkait dengan produk halal juga dapat dilalui dengan baik," jelasnya.

"Kami bekerjasama dengan LPPOM MUI di dalam bekerjasama dengan BPJPH tentunya kami akan mempertimbangkan persyaratan-persyaratan yang selama ini sudah berjalan bisa menjadi bagian dari percepatan pemenuhan regulasi," tutup Donny. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini